Pecinta Pedas Merapat, Festival Kuliner Ini Sajikan 35 Jenis Sambal dari 25 Provinsi

Aneka sambal.
Sumber :
  • adinda/VIVA

JAKARTA – Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner, membuat setiap provinsi mempunyai makanan khasnya masing-masing, begitupun dengan sambalnya. 

Bernuansa Suasana Pegunungan, Lifestyle Bistro Teras by Plataran Hadir di Summarecon Bogor

Masyarakat Indonesia yang pada dasarnya menyukai rasa pedas, membuat setiap daerah di Indonesia memilki sajian sambal masing-masing dengan ciri khas dan kelezatan berbeda. Yuk, scroll untuk info selengkapnya. 

Nah, jika kamu ingin mencicipi aneka jenis sambal dari berbagai provinsi di Indonesia, kamu bisa menemukannya di Kampung Kuliner Nusantara (KKN). Digelar mulai 26 Juli hingga 6 Agustus 2023 mendatang, KKN dapat ditemukan di atrium Cibubur Junction lantai ground. Festival kuliner ini menghadirkan lebih dari 30 tenant UMKM, dengan lebih dari 40 jenis makanan dan minuman.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Pada KKN kali ini dihadirkan booth special Aneka Sambal Nusantara, yang menyediakan 35 jenis sambal Nusantara yang berasal dari 25 Provinsi di Indonesia. Tentu saja, setiap sambal memiliki ciri dan kekhasan pada cita rasanya. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Berbagai menu sambal Nusantara yang dapat dinikmati antara lain Sambal Andaliman dari Medan, Sambal Ikan Kayu dari Aceh, Sambal Salai Selais Lengkong dari Riau, Sambal Roa dan Sambal Kaluku dari Sulawesi Selatan, Sambal Matah dari Bali, Sambalado dan Sambal Ijo dari Padang, Sambal Lu’at dari NTT, Sambal Taylala dari NTB, Sambal Gami dari Kalimantan Timur, Sambal Penja dari Sulawesi Barat, Sambal Tempoyak dari Palembang dan masih banyak lagi.  

Aji Widiarto, Mall Director Cibubur Junction mengatakan, sambal merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu menu tambahan wajib untuk menyantap makanan utama. 

"Dengan kegiatan ini masyarakat bisa mengetahui dan menikmati ragam sambal yang berasal dari 25 provinsi di Indonesia yang pada setiap sambalnya menggunakan bahan dan rempah dari daerah masing-masing," ujar Aji dalam keterangannya, dikutip Sabtu 29 Juli 2023. 

"Pengunjung akan dimanjakan dengan sajian aneka sambal yang dapat disesuaikan dengan cita rasa masing-masing, dengan ragam sambal yang kita sajikan dalam satu booth melengkapi ragam makanan yang kita siapkan pada kegiatan KKN kali ini," tambahnya. 

Selain menghadirkan berbagai Aneka Sambal Nusantara, di sini kamu juga bisa mencicipi Pecel Madiun Bale Rodjo, Nasi Kuning Arema, Lontong Kikil dan Nasi Krawu Mayestik, Soraya Bandeng dan Mangut Lele, Nasi Tutug Oncom Djakarta, Sate Jando dan Maranggi, Bingke Delima, Mie Bandung Kejaksaan & Batagor Cuplis, Bakso Gepeng Oy Eat, Tahu Gimbal Semarang, dan masih banyak lagi. 

“Dengan kegiatan ini kami juga ingin mengangkat dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia untuk kita lestarikan, sebagai warisan budaya  untuk diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia," ungkapnya. 

Selain bisa menikmati aneka kuliner, di sini pengunjung juga akan ditemani dengan berbagai hiburan, di antaranya penampilan operet anak dan tari Jaipong persembahan dari Sanggar Ananda yang dipimpin oleh Aditya Gumay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya