Konsumsi Buah Bit Bikin Kotoran dan Kencing Kamu Merah? Ini Penyebabnya

Bit
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setelah makan buah bit, kamu mungkin terkejut saat pergi ke kamar kecil. Sebab, kotoran mungkin terlihat agak merah muda, atau terkadang berwarna merah tua seperti buah beri. Pengalaman yang agak menakutkan ini mungkin membuat kamu bertanya-tanya, mengapa bit mengubah kotoran menjadi merah?

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

Dikutip dari Livescience, Whitney Linsenmeyer, asisten profesor nutrisi dan dietetika di Saint Louis University di Missouri dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan jika hal ini terletak pada betanin, pigmen ungu kemerahan yang memberi warna cerah pada bit merah dan ungu.

Bit

Photo :
  • Pixabay
Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Pigmen yang sama tidak ditemukan pada bit emas, melainkan mengandung pigmen kekuningan yang disebut betaxanthins. Betanin tidak hanya merupakan pigmen tetapi juga merupakan antioksidan kuat, artinya dapat menetralkan molekul reaktif yang disebut “radikal bebas” di dalam tubuh. 

Dengan menstabilkan radikal bebas, kata Linsenmeyer, dapat membantu mencegah kerusakan DNA dan sel lain dan juga dianggap memiliki sifat anti-inflamasi.

Polisi: Pelapor Gathan Saleh Positif Narkoba Karena Bicara 'Ngelantur' saat Diperiksa

Namun, betanin memiliki bioavailabilitas yang rendah, artinya hanya sedikit betanin yang dimetabolisme yang masuk ke aliran darah, sehingga tubuh tidak dapat memanfaatkan senyawa tersebut secara maksimal. 

Lebih lanjut penjelasan oleh Linsenmeyer, pigmen ini sangat tahan terhadap proses pencernaan, dan hanya sebagian kecil dari betanin yang kita konsumsi dapat diserap oleh sel-sel di usus. 

Buah bit

Photo :
  • Eat This

Penelitian di laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa sekitar setengah dari betanin yang dicerna akan dipecah, terutama di usus, menurut ulasan tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules.

Betanin yang tidak dipecah oleh tubuh sebagian besar melewati saluran pencernaan dalam keadaan utuh. Artinya, kotoran tersebut mungkin akan keluar bersama kotoran, sehingga warnanya menjadi merah atau merah muda. 

“Ini adalah reaksi normal yang terjadi pada sekitar 1 dari 10 orang,” kata Linsenmeyer.

Statistik yang dikutip secara luas ini kemungkinan besar berasal dari penelitian tahun 1963, yang menunjukkan bahwa 10% hingga 14% orang mengalami "beeturia", sebuah fenomena di mana buah bit mengubah urin menjadi merah atau merah muda. 

Beeturia terjadi ketika betanin yang tidak termetabolisme melewati ginjal dan masuk ke urin, tetapi sering kali disertai dengan betanin yang mengubah kotoran seseorang menjadi kemerahan. Jadi kedua fenomena ini berkaitan erat.

“Ini dianggap sebagai kondisi jinak yang mungkin bertahan selama beberapa jam setelah makan,” kata Linsenmeyer tentang beeturia.

Beberapa penelitian pada awalnya menyatakan bahwa kemungkinan seseorang mengalami beeturia mungkin terkait dengan faktor genetik atau kekurangan zat besi, namun penelitian yang lebih baru menyimpulkan bahwa efek tersebut lebih mungkin disebabkan oleh terbatasnya kemampuan tubuh untuk memetabolisme betanin, menurut ulasan tahun 2021.

Namun, jika kamu melihat urin berubah warna beberapa hari kemudian, hal ini kemungkinan besar bukan disebabkan oleh makan buah bit dan memerlukan panggilan ke dokter. 

Urin dengan warna merah atau merah muda yang persisten dapat mengindikasikan adanya darah, dan menurut Penn Medicine, urin berdarah adalah tanda umum kelainan struktural atau penyakit pada saluran kemih.

Waktu yang tepat yang dibutuhkan bit untuk mengubah kotoran menjadi merah bergantung pada berapa lama biasanya seseorang mencerna makanan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya