Ramai 'Ice Cold Sianida' Jessica Wongso, Ini Deret Kopi Unik Nikmat Asli Indonesia Wajib Coba

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso merupakan film domumenter Netflix yang tengah disorot. Meski kasus terkait kematian Mirna Salihin ini sudah bergulir sejak 7 tahun lalu, namun kasus 'Kopi Sianida' yang sempat menghebohkan ini pun kembali disorot.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Kasus tersebut erat kaitannya dengan es kopi yang dipesankan Jessica Wongso untuk Mirna Salihin sebelum meninggal dunia. Bicara soal kopi, apakah kamu seorang pecinta kopi sejati? Jika iya, kamu pasti menyukai segala jenis, warna dan rasa kopi! 

Nah, ada beberapa kopi unik di Indonesia yang wajib kamu coba. Dari kopi yang disajikan dalam kelapa hingga sepotong batu bara panas yang dicelupkan ke dalam cangkir Anda, Indonesia punya semuanya! Berikut 10 jenis kopi luar biasa dari berbagai daerah di Indonesia ini dikutip laman Kementerian Pariwisata.

7 Minuman Penghangat Tubuh untuk Membantu Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

Kopi Tabalek, Aceh

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Bersiaplah untuk salah satu cara paling unik dalam menyajikan kopi, Kopi Tabalek atau Kupi Khop. Berasal dari provinsi Aceh, kopi ini disajikan dalam cangkir terbalik yang diletakkan di piring kecil dan dilengkapi dengan sedotan. Untuk meminum kopi ini, Anda harus meniup ke dalam sedotan agar kopinya meresap. Kopi khas Aceh yang satu ini tentunya wajib untuk dicoba, khususnya bagi para pecinta kopi!

Kopi Takar, Mandailing

Kopi spesial yang hanya terdapat di Mandailing Natal adalah Kopi Takar. Kopi Takar sendiri merupakan kopi yang disajikan dalam tempurung kelapa yang berbentuk dan didesain seperti cangkir dan diletakkan di atas piring kecil. Untuk mencicipi cita rasa yang luar biasa, disediakan sebatang kayu manis untuk digunakan sebagai sedotan. Kopi Mandailing dikenal sebagai kopi terbaik asal Sumatera Utara. Kekentalan kopinya sempurna dengan cita rasa yang kaya. Tak heran jika kopi ini menjadi favorit masyarakat setempat. Cobalah dan jadikan favorit Anda juga!

Kopi Talua, Padang

Secangkir kopi yang dicampur dengan kuning telur tentu bukan gambaran tentang kopi yang enak dan nikmat. Tapi jangan salah! Kopi Talua khas Padang, Sumatera Barat, merupakan perpaduan keduanya dan dianggap sebagai salah satu kopi terlezat dari Indonesia. Kopi Talua merupakan racikan kopi yang terbuat dari busa lembut dengan cita rasa gurih-manis yang khas.

Kopi Talua

Photo :
  • Viva.co.id/Nur Faishal

Meski sebagian besar menganggapnya unik, namun perpaduan kopi dan telur tentu menjadi suguhan yang menggiurkan. Proses pembuatan kopi diawali dengan memasukkan kuning telur ke dalam segelas susu kental manis dan ditambah satu sendok teh bubuk kayu manis. Campuran ini kemudian dikocok dan ditambahkan air mendidih. Air mendidih inilah yang kemudian mematangkan telur selama proses pengocokan. Proses inilah yang melatarbelakangi tekstur lembut berbusa dari minuman nikmat ini dengan rasa manis gurih.

Kopi Kawa Daun, Tanah Datar

Kopi unik lainnya di Indonesia adalah Kopi Kawa Daun. Menarik para pecinta kopi karena sangat khas dengan kopi hitam biasa lainnya. Selain itu yang membuatnya semakin menarik adalah bahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan kopinya, tampilannya juga sangat berbeda dengan kopi biasa yang biasa Anda lihat. Mirip dengan pembuatan teh, kopi ini dibuat dengan cara menyeduh langsung daun kopi, bukan menggunakan biji kopi. Karena prosesnya, warna kopi pun lebih mirip secangkir teh. Terlebih lagi, kopi disajikan dalam tempurung kelapa. Hal ini menyebabkan aroma kopi lebih harum dan cita rasa kopi lebih kaya. Cobalah kopi spesial ini untuk pengalaman yang nikmat!

Kopi Manggar, Belitung

Berwisata ke Belitung tentu belum lengkap tanpa mencicipi cita rasa Kopi Manggar yang khas. Kopinya sendiri tidak jauh berbeda dengan kopi-kopi lain yang terdapat di tempat lain. Namun cara penyajian kopi ini yang membuatnya berbeda. Tidak ada campuran jagung sama sekali, dan teknik pengolahan biji kopinya juga berbeda. 

Dan yang menarik dari penyajian kopi ini adalah bubuk kopinya dimasukkan ke dalam saringan berbahan dasar kapas yang kemudian akan diseduh dengan air mendidih ke dalam saringan. Kemudian dituang ke dalam panci yang sudah berisi air matang di dalamnya. Kemudian dituangkan ke dalam gelas dan ditambahkan susu kental manis di dalamnya untuk melengkapi cita rasa dari secangkir kopi yang sudah nikmat ini.

Ilustrasi biji Kopi.

Photo :
  • Pexels

Kopi Durian, Lampung

Salah satu kopi khas Lampung, daftar kopi khas Indonesia tidak akan lengkap tanpa menyertakan kopi durian. Kopi ini terbuat dari kopi Robusta dan ditambah ekstrak buah durian. Anda mungkin bertanya-tanya apakah kekayaan rasa kopi bisa dipadukan dengan rasa manis durian yang eksotis. Namun jika digabungkan, ini adalah campuran sempurna untuk secangkir kopi unik yang nikmat. Tentu sesuatu yang layak untuk dicoba sekali seumur hidup, bukan?

Kopi Joss, Yogya

Apa yang terlintas di benak Anda saat memikirkan tentang arang? Apa pun kecuali di dalam cangkir kopi Anda, bukan? Nah, Anda akan terkejut bahwa Kopi Joss, kopi khas Yogyakarta, sebenarnya adalah sepotong arang panas yang dicelupkan ke dalam cangkir Anda. Penduduk setempat percaya bahwa ada manfaat dari meminum arang ini sebelum menikmati secangkir kopi di hari itu. 

Dipercaya dapat meredakan sakit perut dan juga membuat kafein dalam kopi menjadi lebih ringan dan mudah untuk diminum. Kini, Kopi Joss banyak tersedia dan dapat ditemukan bahkan di warung-warung jajanan pinggir jalan di Yogya. Pastinya kopi unik di Indonesia yang patut untuk dicoba!

Ilustrasi kopi

Photo :
  • Pixabay

Kopi Kopyok, Gresik

Kopi unik yang terkenal langsung dari Gresik, Kopi Kopyok wajib masuk dalam daftar ini! Secangkir kopi biasa pasti sudah memiliki lapisan lembut bubuk kopi di dasar cangkirnya. Namun kopi Kopyok membiarkan bubuk kopinya tetap dalam bentuk kasar. Air mendidih kemudian dituangkan ke dalam cangkir dan bubuknya mengapung ke permukaan. Rasa kopinya sendiri cukup asam, namun yang membedakan kopyok adalah sensasi menyeruput secangkir kopi yang ditaburi bubuk kopi. Coba sekarang!

Kopi Ijo, Tulungagung

Kopi Ijo secara harfiah diterjemahkan menjadi Kopi Hijau. Ini adalah jenis kopi istimewa yang paling terkenal di Tulungagung, Jawa Timur. A menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang lembut dan keunikan warna yang dihadirkan di dalam cangkir kopi Anda. Warna cantik ini bukan berasal dari pewarna makanan atau bahan rahasia untuk menghasilkan warna tersebut. Pembuatan kopi ini membutuhkan bahan masakan tradisional, kesabaran dan perhatian terhadap detail karena prosesnya yang sulit dan lambat. 

Biji kopi dimasak menggunakan panci kayu bakar dan tanah liat pilihan dan dilakukan dengan telaten dengan menjaga api agar matang merata dan sempurna. Kemudian, dari cara pengolahan tradisional, kopi akan digiling dengan mesin. Karena prosesnya yang sulit ini, cita rasa kopi ini pasti akan sangat nikmat. Rasakan surga dunia ini selama kunjungan Anda ke Tulungagung!

Kopi Rarobang, Maluku

Di antara pilihan kopi unik di Indonesia, ada kopi khas Maluku: Kopi Rarobang. Surga bagi pecinta jamu tradisional, kopi Rarobang disajikan dengan beragam jamu. Melengkapi kopi arabika hitam ini adalah rasa jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir, serai, dan irisan kenari. Secangkir kopi ini jelas merupakan teman yang sempurna untuk malam yang santai guna menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya