Cara Menyimpan Bumbu Kaldu Kemasan Supaya Awet dan Gak Gampang Menggumpal

Ilustrasi bumbu masak
Sumber :
  • Pixabay/pexels

JAKARTA – Membuat masakan lezat untuk keluarga adalah tujuan setiap ibu rumah tangga. Makanan yang berkualitas bukan hanya dari segi efek baiknya terhadap tubuh tetapi juga rasa nikmatnya. Maka dari itu, tak jarang ibu-ibu rumah tangga menggunakan bumbu penyedap tambahan yang membuat rasa masakannya semakin sempurna.

Deretan Ide Masakan untuk Merayakan Hari Lebaran

Chef Stefani Horison membagikan rahasia dapurnya, di mana untuk setiap masakan baik yang berkuah maupun tumisan, selalu menggunakan kaldu

"Kaldu berfungsi untuk memperkaya rasa masakan. Di tengah padatnya pekerjaan sehari-hari, mungkin kita tidak sempat merebus kaldu ayam atau sapi berjam-jam. Dengan Bumbu Kaldu Sedaap, sangat menghemat waktu karena tidak perlu merebus daging atau ayam dengan lama, dipadukan juga dengan rempah-rempah yang pas, dan hemat waktu karena tidak perlu iris-iris bahan dasar rempah," ujar Chef Fani, dalam acara Konferensi Pers Peluncuran Bumbu Kaldu Sedaap, di Jakarta, Selasa 5 Desember 2023.

4 Resep Masakan Sahur yang Mudah dan Praktis

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.

Photo :
  • Pexels/Martin Lopez

Bicara soal bumbu kaldu instan yang dipakai oleh Chef Fani untuk memasak, ia juga mengingatkan cara menyimpannya yang baik dan benar supaya bumbu kemasan itu tidak mudah rusak. Bumbu kaldu kemasan bersifat kering oleh sebab itu perlu disimpan di tempat yang kedap udara. Apabila dibiarkan terbuka, maka bumbu tersebut bisa jadi menggumpal bahkan berair karena menyerap kelembapan udara di sekitarnya.

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

"Bumbu kaldu itu sifatnya kering, kalau dibuka kelamaan akan lembap karena sifatnya yang kering menyerap udara di sekitar," katanya.

Satu kemasan bumbu kaldu yang sudah dibuka sebaiknya ditutup dengan rapat apabila mau disimpan dan digunakan lagi untuk masak berikutnya. Selain itu, bisa juga pindahkan isi bumbu kaldunya ke dalam wadah toples dan pastikan tertutup dengan rapat.

"Wadah plastik boleh tapi yang dry ingredients, yang food grade. Jangan yang sekali pakai buang," terangnya.

Chef Fani pun berbagi momen #PenuhRasaKebersamaan yang dirasakannya di keluarga, dan mengajak Mama Chef untuk menciptakan kehangatan makan bersama keluarga.

Ilustrasi bumbu dapur/bahan dapur.

Photo :
  • Pexels/Mareefe

"Tradisi makan bersama keluarga sudah mendarah daging di keluargaku, setiap ulang tahun selalu ada menu tim ayam dengan misoa yang disajikan di meja makan. Home cooked food is always missed dan Bumbu Kaldu Sedaap membuat masakan enak jadi lebih mudah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya