Ini Cara Menyantap Sushi

Sushi Dengan Harga Rp 1000
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Syuting di Jepang, Morgan Oey Tak Bisa Berhenti Makan
- Sushi merupakan salah satu hidangan kebanggaan masyarakat Jepang. Hidangan yang terbuat dari nasi, rumput laut, sayuran, dan daging ikan mentah ini begitu populer dan telah lama disantap secara luas di seluruh dunia.

Di Restoran Ini, Anak-anak Bisa Kreasikan Makanannya Sendiri

Namun, kepopuleran sushi ternyata tidak membuat penggemarnya mengetahui aturan menyantapnya. Padahal, masyarakat Jepang begitu menaati aturan makan tiap jenis kuliner tradisional mereka.
Di Restoran Ini Sushi Diantar 'Kereta Shinkansen'


Nah, jangan mengaku penikmat sushi jika Anda tak mengetahui etika menyantapnya. Oleh karena itu, simak beberapa aturan dasar menyantap sushi seperti yang dilansir dari
The Bold Italic
berikut ini.


Santap sushi dengan satu gigitan

Jika Anda menyantap sushi dengan gigitan-gigitan kecil seperti ketika menyantap gigitan, bisa jadi Anda akan dianggap tidak menghargai kuliner yang sangat dibanggakan Negeri Sakura itu. Sushi dibuat dalam ukuran tertentu agar pas untuk disantap dalam satu gigitan. Menyantap sushi dengan satu gigitan akan merusak cita rasa keseluruhannya.


Jangan terlalu banyak menggunakan kecap asin

Kecap asin dimaksudkan untuk menambah sedikit rasa asin pada sushi, bukan menutupi cita rasa alaminya. Oleh karena itu, celupkan bagian ujung daging ikan ke dalam kecap asin. Jangan mencelupkan bagian nasinya karena akan menyerap kecap asin terlalu banyak.


Santap nigiri menggunakan tangan


Saat menyantap sashimi atau sushi roll, Anda boleh menggunakan sumpit. Namun, ketika hendak menikmati nigiri sushi, tak perlu menggunakan alat makan baik itu sumpit apalagi garpu. Gunakan tangan Anda karena masyarakat Jepang sendiri secara tradisional biasa menyantap sushi menggunakan tangan. Itu karena mereka menganggap mengonsumsi sushi adalah pengalaman sensual yang harus dilakukan dengan tangan.


Santap acar jahe


Banyak orang yang menyantap sushi tanpa memakan acar jahenya. Padahal, itu bukan sekadar hidangan tambahan. Orang Jepang memakan acar jahe setiap selesai menyantap sushi. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan lidah agar ketika menyantap sushi lain cita rasa alami daging ikannya terasa dan tidak rusak. (art)


Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya