Ini Tips Makan Nasi Tanpa Khawatir Perut Melar

Nasi putih
Sumber :
  • istockphoto
VIVA.co.id -
Trik Agar Beras Basi Bisa Dimakan Lagi
Nasi telah menjadi makanan pokok masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, kandungan kalori yang sangat tinggi karena pati yang terkandung di dalamnya, membuat nasi banyak dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, atau mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Meningkatkan Literasi Digital di Wilayah Timur, Langkah Menuju Pendidikan Merata

Nah
OIKN Fasilitasi Ritual Adat Dayak dan Paser, Minta Restu Pembangunan IKN
, belum lama ini sebuah metode yang diklaim mampu mengurangi kandungan kalori di dalam nasi telah menghebohkan dunia internet. Metode tersebut berasal dari sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Washington Post.


Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa konsumsi beras putih dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih tinggi. Seorang profesor dari University of Sri Lanka dan mahasiswanya merancang sebuah metode cerdik yang mereka klaim mampu mengurangi kalori dalam nasi hingga 50 persen.


Tak hanya itu, metode tersebut juga dikatakan mampu menambahkan beberapa manfaat kesehatan.


"Apa yang kami lakukan adalah memasak nasi seperti biasa, tapi ketika air mendidih, sebelum memasukkan beras, kami menambahkan minyak kelapa, sekitar 3 persen dari berat beras yang Anda masak. Setelah matang, nasi kami dinginkan di lemari es selama 12 jam," ujar sang mahasiswa, Sudhair James pada sebuah acara
American Chemical Society
baru-baru ini seperti dilansir 
Food Beast
.


James juga menjelaskan alasan mengapa kalori yang terkandung di dalam nasi bisa berkurang ketika dimasak dengan minyak kelapa dan didinginkan di dalam lemari es.


"Minyak berinteraksi dengan pati beras dan mengubah arsitekturnya. Proses pendinginan nasi juga membantu mendorong konversi pati. Hasilnya adalah porsi nasi yang sehat, bahkan ketika Anda memanaskannya kembali," ujar James.


Konsumsi nasi di negara-negara berkembang memang diketahui telah membuat tingkat obesitas melonjak. Apalagi nasi terbilang lebih murah dibandingkan makanan lain seperti roti, misalnya.


Pushparajah Thavarajva, profesor yang memimpin studi menjelaskan bahwa obesitas juga telah  menjadi masalah di AS dan negara-negara di Asia.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya