Kuliner Vietnam, Salah Satu yang Tersehat di Dunia

Pho makanan vietnam
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Tips Jitu Memasak Pho di Rumah
- Hidangan Vietnam bisa dikatakan merupakan makanan ringan khas Asia. Ini karena karakteristik hidangan Vietnam memiliki rasa rempah yang seimbang dan cenderung tidak terlalu berat sehingga dianggap sebagai salah satu hidangan tersehat di dunia.

RESEP: Pho, Menu Lezat Menggugah Asal Vietnam
Hidangan Vietnam Utara, Tengah dan Selatan juga memiliki beberapa perbedaan mendasar seperti di Utara misalnya, lebih banyak menggunakan kecap asin, saus ikan dan saus udang. Selain itu banyak pula jenis makanan yang dimasak dengan cara digoreng.

Soroti Dampak Polusi Bagi Kesehatan, Legislator Komitmen Optimalkan Kendaraan Listrik
"Kondisi cuaca yang ekstrim dan kondisi pertanian yang kurang berkembang jika dibandingkan dengan wilayah selatan, Vietnam Utara cenderung menggunakan sedikit daging ikan dan sayuran serta menggunakan lada hitam untuk menambah rasa pedas," ujar Gerald Prinz, Executive Chef Hotel Gran Melia Jakarta, saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Chef yang pernah bekerja di Vietnam selama beberapa tahun itu juga mengatakan bahwa cita rasa hidangan Vietnam Utara sedikit lebih kuat dan tidak terlalu manis, namun cenderung lebih gurih dibandingkan wilayah lainnya.

Sementara itu, Vietnam Tengah memiliki deretan hidangan khas yang lebih menekankan pada kualitas dan kuantitas karena dipengaruhi oleh hidangan keraaan yang dibuat khusus untuk para raja dan ratu. Kebanyakan hidangan dari daerah ini memiliki porsi yang lebih sedikit seperti hidangan di restoran fine dining. Meski begitu, cita rasanya tak kalah lezat.

"Untuk wilayah selatan banyak dipengaruhi oleh masakan Kamboja, Thailand dan China karena banyaknya aktivitas perdagangan serta imigran. Namun, cita rasa yang diadaptasi adalah rasa manis. Hal tersebut dilihat dari banyaknya penggunaan gula serta santan sebagai bahan masakan," jelas Gerald.

Selain rasa manis, Gerald menagatakan hidangan khas Vietnam Selatan juga cenderung lebih pedas karena menggunakan banyak cabai. Tak hanya itu, banyak pula variasi ikan kering dan saus yang berasal dari wilayah selatan.

Sedangkan mengenai metode memasak, hidangan Vietnam Selatan tidak membutuhkan proses masak yang sulit, melainkan sangat sederhana dengan penggunaan seafood sebagai bahan utamanya.

Walaupun banyak variasinya, namun seluruh hidangan Vietnam dibuat menggunakan bahan dasar yang segar dan tidak dimasak terlalu lama. Itu lah salah satu alasan hidangan mereka disebut-sebut sebagai salah satu yang tersehat di dunia.

"Seperti Rau Mong, hidangan dari kacang, jahe dan kunyit yang teksturnya sangat renyah juga kaya dengan vitamin A. Ada pula Cha Ca La Vong, pai dari ikan bakar yang menjadi hidangan unik khas Hanoi," ujar Gerald.

Menurut dia, Cha Ca La Vong dapat dibuat dari mud-fish, snake-headed fish dan hemibagrus. Cara membuatnya dengan membuang duri ikan dan membumbui dagingnya kemudian dimasak menggunakan oven tradisional dengan arang. Hidangan ini kemudian disajikan bersama kacang panggang, panekuk kering, sup mi, terasi, sayuran serta lemon dan cabai.

Dari berbagai hidangan Vietnam, yang paling populer ialah pho dan spring roll yang banyak dikonsumsi kaum vegetarian dan penganut diet sayuran. Ini karena pho, hidangan mi dengan kuah bening terdiri dari berbagai jenis sayuran yang dimasukkan ke dalam mangkuk berisi kuah panas sehingga sayuran masih segar dan tidak layu.

Selain itu, spring roll khas Vietnam juga begitu sehat karena tidak digoreng sama sekali, melainkan hanya dibungkus menggunakan kulit lumpia dari tepung beras. Isiannya lebih banyak sayuran dan biasa disantap dengan saus asam manis.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya