Tips Menyimpan Sisa Makanan Agar Tetap Aman Dikonsumsi

Ilustrasi sisa makanan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Saat menyantap masakan rumah, orang umumnya menyimpan sisa makanan yang tidak habis. Begitu pula ketika bersantap di restoran. Sisa makanan akan dibungkus untuk disimpan di dalam lemari es.

Ketahui Enam Kebiasaan Makan Sehat yang Salah
 
Tentu saja Anda bisa memanaskan kembali sisa makanan tersebut. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menyimpan sisa makanan yang benar agar tahan lama dan aman dikonsumsi.
Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei
 
Untuk itu, simak beberapa tipsnya, seperti dilansir dari Food World News berikut ini.
Program Makan Siang Gratis Prabowo Dinilai Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Buruh
 
Ada banyak makanan yang dapat disimpan dalam waktu yang sangat lama
 
Beberapa makanan yang tahan lama meski disimpan berbulan-bulan hingga lebih dari setahun adalah madu, gula, beras, sirup maple, cuka putih, tepung maizena dan garam.
 
Selalu simpan sisa makanan di lemari es
 
Agar sisa makanan tahan lama, Anda harus menyimpannya di dalam lemari es. Jangan khawatir jika makanan masih panas, karena Anda tetap dapat menyimpannya langsung di dalam lemari es. Menurut Departemen Pertanian AS, termostat lemari es akan tetap berfungsi mempertahankan suhu yang aman dari 4,4 derajat celsius ke bawah.
 
Anda harus menggunakan wadah berukuran kecil untuk menyimpan makanan agar cepat dingin. Jangan gunakan wadah besar.
 
Gunakan es untuk mendinginkan makanan yang masih panas sebelum disimpan di lemari es
 
Caranya adalah dengan meletakkan makanan yang masih panas di dalam wadah dan letakkan wadah tersebut di dalam mangkuk berukuran besar berisi es batu. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir makanan panas akan meningkatkan suhu lemari es atau freezer.
 
Namun, pastikan Anda menyimpan makanan di lemari es tak lebih dari dua jam setelah selesai dimasak.
 
Jenis makanan yang berbeda memiliki masa kedaluwarsa yang juga berbeda
 
Setiap makanan memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda. Itulah mengapa Anda harus mengetahuinya dan mengetahui tanda-tanda sisa makanan yang masih bisa Anda konsumsi atau tidak.
 
Percaya pada insting Anda
 
Jika Anda tidak bisa mengetahui apakah makanan yang telah disimpan masih aman dikonsumsi hanya dengan melihatnya, coba hirup aromanya. Aroma busuk atau rasa makanan yang asam merupakan tanda makanan basi. Jika dikonsumsi akan berisiko menyebabkan keracunan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya