Studi: Konsumsi Kopi Mampu Menyelamatkan Hidup Anda

Secangkir kopi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Beberapa tahun belakangan telah ada begitu banyak studi yang mematahkan reputasi buruk dari kopi. Nah, baru-baru ini sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa manfaat terbaik dari kopi adalah mampu menyelamatkan hidup seseorang.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Ya, tidak hanya dapat memerangi penyakit diabetes dan beberapa jenis kanker, kopi juga mampu meningkatkan ingatan dan menurunkan kadar stres. Studi yang dipublikasikan di World Journal of Biological Psychiatry itu mengungkapkan bahwa kopi benar-benar mampu menyelamatkan hidup.

Dilansir dari laman Glamour, para peneliti Harvard menganalisis data dari 200 ribu orang dari tiga negara dengan melakukan survei. Empat tahun sekali, mereka mengindikasikan seberapa banyak kopi dan jenis kafein lain yang dikonsumsi. Ditelaah pula sertifikat kematian dari peserta studi dan ditemukan 277 dari mereka meninggal akibat bunuh diri.

Jangan Sembarangan, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Anehnya, terdapat kaitan yang begitu besar antara kematian dan konsumsi kopi. Mereka yang minum dua hingga empat cangkir kopi sehari, hanya setengahnya yang berisiko mengalami kematian dengan bunuh diri.

Bahkan, temuan ini memaparkan kopi dapat meringankan gejala depresi, di mana terjadi dengan memicu produksi hormon endorfin sebagai antidepresi. Selain itu, ditemukan juga bahwa wanita yang mengonsumsi minimal dua cangkir kopi memiliki risiko 15 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

Viral Kopi Ditambah Garam, Ternyata Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Jadi, manfaat baik dari kopi ini sudah sepatutnya tidak membuat Anda merasa bersalah saat meminumnya. Namun, perlu dipahami bahwa konsumsi kopi juga harus dibatasi per harinya, dan menghindari konsumsi kopi dengan tambahan gula, krim serta susu.

Orang Jualan Mie dengan Campuran Kopi Bubuk

Ramai Peminat, Orang Jualan Mie dengan Campuran Kopi Bubuk

Pedagang mie instan sering kali berinovasi dengan mencampur berbagai bahan dalam hidangannya. Namun, satu kreasi yang menonjol adalah penggunaan kopi sebagai tambahannnya

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024