Mengenal Tradisi Chanoyu, Upacara Minum Teh dari Jepang

Ilustrasi teh
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Teh merupakan salah satu minuman yang menjadi favorit masyarakat selain air putih. Teh begitu istimewa, meski berasal dari China tapi ketika dibawa ke negara lain mampu melebur dan menjadi budaya negara tersebut.

SKENA Jadi Ajang Berbagi Wawasan Bagi UMKM

Teh mampu menjadi milik negara-negara tersebut dengan beradaptasi oleh masyarakatnya sehingga melahirkan budaya minum teh yang berbeda-beda. Ada banyak cara minum teh yang khas di berbagai negara, termasuk di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Namun, yang bisa dikatakan sebagai upacara minum teh dengan ritual dan tata cara yang cukup panjang adalah Chanoyu dari Jepang, Darye dari Korea dan Gongfucha dari China. Chanoyu bisa dikatakan sebagi gabungan seni menyeduh teh dengan ajaran Zen dan ini merupakan upacara minum teh yang paling kompleks di dunia.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Menurut buku The Story in A Cup of Tea karya Ratna Somantri, untuk mempelajari upacara teh ini dibutuhkan waktu yang cukup lama, dan hanya orang-orang yang sudah mendapatkan pengakuan dari Chado Master yang bisa mengadakan Chonyu.

"Untuk mempelajari upacara teh membutuhkan waktu yang cukup lama dan supaya bisa mengikuti upacara yang penuh ritual ini harus mendapatkan pengakuan dari Chado Master terlebih dahulu," tulis Ratna Somantri dalam bukunya.

Mitos atau Fakta Minum Teh Saat Berbuka Puasa Bisa Merusak Ginjal

Kemudian untuk penyajiannya, teh akan disiapkan secara khusus oleh orang yang mendalami seni upacara minum teh yang disebut chashitsu. Dekorasi dalam ruangan minum teh ini disesuaikan dengan musim yang ada dan status yang diundang, mulai dari lukisan, bunga, dan mangkuk keramik.

Dalam Chanoyu bukan hanya sekedar menuangkan teh dengan air panas lalu diminum, tetapi setiap langkah di dalamnya adalah seni yang memiliki artian luas, seperti mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah.

Adapun filosofi yang terkandung di dalam upacara minum teh Jepang, antara lain, tujuan hidup, cara berpikir, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh. Serta adanya falsafah yang mengandung ajaran kehidupan bagaimana menghormati sesama dan pentingnya keseimbangan hidup.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya