Ketahui Manfaat Kesehatan Tinta Cumi-cumi

Kuliner hitam yang menggunakan tinta cumi-cumi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria Fundrika

VIVA.co.id – Pernahkah Anda menyantap kuliner berwarna hitam seperti nasi goreng atau mi hitam. Sekilas, kuliner berwarna hitam ini mungkin terlihat aneh dan tak sedap untuk disantap. Tapi siapa sangka, makanan yang biasanya diberi warna dengan tinta cumi-cumi ini ternyata juga baik untuk kesehatan.

Dokter Sarankan Konsumsi Seafood Karena Tinggi Protein, Manfaatnya Bagus Banget Buat Tubuh!

Menurut ahli gizi dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK, cairan tinta cumi-cumi mengandung beberapa zat kimia alami terutama melanin dan mucus. Melanin alami adalah melanoprotein yang mengandung 10-15 persen protein.

"Melanin ini mengikat protein melalui asam amino yang mengandung sulfur, yaitu sistein. Selain itu, tinta cumi mengandung beberapa jenis protein dalam jumlah yang sedikit antara lain taurin, asam aspartate, asam glutamate, alanine dan lysine," kata Dian saat dihubungi VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Makan Pinggir Jalan, Wanita Ini Kaget Tagihannya Tembus Jutaan Rupiah

Karena bersifat alami, tidak perlu khawatir saat mengonsumsi makanan yang mengandung tinta cumi-cumi ini. Bahkan, tinta cumi-cumi bisa menambah cita rasa alami pada makanan sehingga Anda tak perlu lagi menambahkan penyedap rasa atau MSG.

Selain itu, ternyata tinta cumi-cumi juga berguna untuk mengobati beberapa penyakit secara alami.

Manfaat Seafood! Tinggi Protein, Omega 3 Hingga Rendah Kalori

"Penelitian mengenai hal ini dilakukan pada tikus percobaan di Jepang. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai keabsahan dan dosis yang dibutuhkan untuk mengobati tumor," kata dia.

(mus)

Seafood

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Seafood merupakan sumber protein berkualitas tinggi karena mengandung lemak jahat yang rendah. Protein sendiri jadi salah satu nutrisi yang wajib dikonsumsi setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024