Kemudahan Akses Bikin Generasi Milenial Lebih Konsumtif

Pemerintah AS melarang warga dari negara-negara Timur Tengah membawa gadget ke dalam kabin pesawat.
Pemerintah AS melarang warga dari negara-negara Timur Tengah membawa gadget ke dalam kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Suatu yang serba instan dan segalanya yang mudah didapat ternyata membuat generasi milenial cenderung lebih konsumtif dibandingkan generasi sebelumnya, seperti generasi X dan baby boomer.

Hal ini diungkapkan oleh Ajeng Raviando, seorang psikolog dalam acara gerakan #SayangUangnya, di Senayan City, Selasa, 31 Januari 2017. Ajeng mengungkapkan bahwa generasi kelahiran setelah 1980-an ini dari kecil sudah dimanjakan dengan kecanggihan teknologi dan beriringan dengan tren yang sedang berlangsung.

"Kebiasaan ini membuat mereka tidak dapat.menahan keinginannya untuk mendapatkan sesuatu secara cepat tanpa pikir panjang," ungkap Ajeng saat ditemui VIVA.co.id.

"Saking mudahnya makanya banyak orang terjebak dengan konsumerisme, sekarang tinggal telepon lewat online sudah bisa."

Akibatnya, menurut Ajeng, generasi milenials ini kerap mengeluarkan uang untuk barang-barang hanya untuk sekadar memuaskan nafsu atau mengikuti tren yang tengah berlangsung.

Dia juga menambahkan, bahwa hal ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Pada generasi sebelumnya, segala sesuatunya tidak didapatkan secara instan. Atau dengan kata lain masih ada sedikit usaha dan rentang waktu untuk berpikir untuk membeli suatu barang.

"Kadang (di generasi sebelumnya) ada beberapa langkah yang harus dilakukan, tapi di generasi ini (milenial) semuanya serba instan.”