RESEP: Buat Sendiri Pasta Favoritmu di Rumah

Membuat pasta.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Anda pasti sudah akrab dengan jenis-jenis pasta seperti spaghetti, makaroni, ravioli, fettuccine, lasagna dan fusilli. Pasta memang telah menjadi salah satu kuliner terpopuler di dunia.

Cara Bersihkan Mika Lampu Mobil Buram dengan Bahan Sederhana

Secara tradisional, makanan khas Italia satu ini terbuat dari tepung terigu atau gandum, air dan telur. Dilihat dari tingkat kelembapannya, pasta dibagi menjadi dua jenis yaitu pasta kering (secca) dan pasta segar (fresca). Untuk membuat pasta segar, adonan tepung diberi telur terigu sehingga menghasilkan pasta yang moist dengan tekstur legit.

Pasta memang mudah dibuat dan bisa disajikan dengan beragam jenis saus. Namun, umumnya orang menggunakan pasta instan yang tinggal direbus. Padahal, bukan tidak mungkin Anda membuat pasta from scratch atau dari awal.

Mie Ongklok Instan Mas Desta asal Wonosobo Sedot Omzet Ratusan Juta per Bulan

Cara membuat adonannya terbilang mudah. Paling-paling Anda hanya harus memperhatikan cara menguleni adonannya saja. Anda juga bisa menggunakan bantuan seperti cetakan atau mesin penggiling pasta.

Nah, jika Anda ingin mencoba membuat pasta sendiri, simak resepnya seperti dilansir dari All Recipes berikut ini.

5 Mi dan Pasta Sehat yang Wajib Dikonsumsi Menurut Ahli Diet

Membuat pasta

Homemade pasta

Bahan-bahan

-1 butir telur, kocok lepas
-1/2 sdt garam
-1 cangkir tepung terigu serbaguna
-2 sdm air

Cara membuat

1. Di dalam mangkuk berukuran sedang, masukkan tepung terigu dan garam. Buat lingkaran di bagian tengahnya dan masukkan telur yang telah dikocok. Aduk rata. Jika dibutuhkan, masukkan 1-2 sdm air.

2. Taburi tepung terigu di meja dapur Anda dan uleni adonan selama 3-4 menit.

3. Anda lalu bisa membentuk adonan menjadi pasta yang Anda inginkan menggunakan tangan dan pisau, cetakan atau mesin pasta.

4. Pasta siap direbus dan dimasak dengan saus favorit Anda.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya