Diciptakan Pasta Unik yang Berubah Bentuk Saat Dimasak

Pasta yang dapat berubah bentuk ketika dimasak.
Sumber :
  • MIT Media Lab

VIVA.co.id – Sebuah inovasi unik diciptakan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) Media Lab. Kali ini diciptakan sebuah pasta yang dapat berubah bentuk saat dicampur dengan air.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Dilansir dari laman Food Beast, temuan ini dibuat dalam rangka menciptakan efisiensi terhadap penggunaan kemasan dan biaya kirim produk pasta.

Saat ini, sebanyak 67 persen volume dari pasta kemasan terdiri dari udara. Hal ini terjadi karena bentuk pasta yang mengambil banyak ruang, misalnya makaroni.

5 Mi dan Pasta Sehat yang Wajib Dikonsumsi Menurut Ahli Diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dr. Wen Wang dan Dr. Lining Yao dari MIT, saat ini pasta dapat dikemas lebih padat untuk menghemat material kemasan dan menghemat ruang saat didistribusikan.

Pasta dengan bentuk datar inovasi MIT ini nantinya dapat memungkinkan produsen pasta meningkatkan produksi mereka. Tak hanya itu, pasta pun juga semakin mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat.

Sensasi Menikmati Oyster Berpadu Nasi dan Pasta, Gimana Rasanya?

Pada simposium yang dilakukan di Berkeley, California, 2017 FoodIno Symposium, Dr. Lining Yao menjelaskan, bahwa pasta terdiri dari lapisan gelatin dan selulosa. Gelatin menyerap air yang membuat pasta menjadi berisi, sedangkan selulosa bertindak sebagai pengatur serapan air yang masuk dan menciptakan aneka bentuk unik dari pasta.

Saat ini, pasta milik MIT tersebut sedang diuji coba di beberapa restoran. Yaou mengatakan, bahwa ke depannya para produsen dapat menggunakan perangkat lunak online untuk membuat desain pasta. Menarik, bukan? (mus)

Mie Ongklok Instan Mas Desta

Mie Ongklok Instan Mas Desta asal Wonosobo Sedot Omzet Ratusan Juta per Bulan

Alkulturasi Kuliner Tionghoa di Jawa, Mie Ongklok Instan Mas Desta Sedot Omzet Ratusan Juta per Bulan.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2023