Tak Cuma Tumbuh Kembang Ini Alasan Orangtua Wajib Belajar Parenting

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mengasuh dan membesarkan anak bukan cuma soal kebutuhan tumbuh kembang dan gizinya semata, melainkan bagaimana orangtua bisa mendidik moral dan perilaku anak dengan baik. Karenanya pendidikan parenting sangat penting bagi para orangtua.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Bagi orangtua, kini memperkaya diri dan belajar parenting tidaklah sulit, apalagi kini banyak sekali media akses bagi orangtua untuk belajar dan menimba ilmu bagaimana membesarkan anak dengan baik. Salah satunya dengan membaca.

Psikolog anak Novita Tandry mengatakan bahwa anak-anak yang lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang memiliki pemahaman soal parenting dengan baik anaknya cenderung tumbuh lebih sehat, cerdas, dan cemerlang. Di lain sisi, lewat bacaan orangtua memiliki referensi bagaimana membentuk keluarga.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

"Buku bisa digunakan sebagai referensi bagi orangtua untuk memahami mengenai berbagai aspek mendasar dalam membentuk keluarga yang sehat dan bahagia, seperti pola makan yang baik, cara untuk tetap sehat melalui gerakan masyarakat hidup sehat, dan juga cara menstimulasi perkembangan anak," ujar Novita lewat rilis yang diterima VIVA Minggu 25 November 2018.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa melalui buku kita akan belajar mengenai apa itu hidup sehat secara umum, apa yang perlu disiapkan oleh orangtua saat mempersiapkan kehamilan, hingga apa yang harus dilakukan setelah anak terlahir.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

"Juga bagaimana pengasuhan yang sehat dan menyenangkan bagi anak mulai dari bayi hingga dewasa," ujarnya.

Memahami pentingnya informasi bagi para orangtua, Novita juga meluncurkan sebuah buku parenting yang membahas soal bagaimana membesarkan anak dari berbagai aspek.

Dalam buku tersebut Novita juga menggandeng dua orang pakar di bidang kesehatan yaitu Ade Rai dan ahli Gizi Halim Tsiang. Dalam buku berjudul 'Happy Healthy Parenting' itu Ade Rai akan membagikan pengetahuannya mengenai hidup yang sehat dan bugar berdasarkan pengalamannya yang sudah puluhan tahun di dunia kesehatan. 

Novita Tandry dalam Peluncuran buku Happy Parenting

Sedangkan Halim Tsiang, akan membagikan ilmunya mengenai nutrisi dan gizi yang baik serta pola hidup yang sehat bagi anak usia dini.

"Kami berharap buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat bagi orangtua maupun calon orangtua untuk mempersiapkan dan membentuk anak yang sehat, cerdas dan bahagia," ujarnya Novita. 

Tak hanya buku, Novita juga mempersiapkan aplikasi Happy Parenting, agar memudahkan para orangtua mengakses informasi seputar parenting lewat ponselnya.

"Aplikasi ini dikemas secara berbeda dan lebih interaktif. Diharapkan dapat membantu orangtua dan menjawab kebutuhan masyarakat tentang pola asuh anak," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya