Jangan Takut Biarkan Si Kecil Kotor, Ini Alasannya

Ilustrasi anak bermain.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ayah dan Bunda seringkali terobsesi untuk menjaga kebersihan si kecil? Ternyata, hal tersebut tak perlu terlalu dikhawatirkan karena membiarkan si kecil bermain dan membuat tubuhnya kotor, bisa berdampak baik pada daya tahan tubuhnya.

Lolly Ngaku Bakal Berkarier di Indonesia, Ingin Buat Nikita Mirzani Bangga

Banyak produk hand sanitizer yang mengatakan bahwa kuman harus dibasmi untuk mencegah penyakit yang rentan hadir. Memang benar, bahaya dari kuman bisa memicu penyakit bermunculan. Tetapi, bakteri tak selalu jahat dan terkadang dibutuhkan untuk menjaga tubuh dari penyakit.

Faktanya, banyak dari bakteri baik yang dibutuhkan tubuh antara lain di pencernaan, peredaran darah, dan khususnya dalam membangun sistem imunitas tubuh. Jadi, orangtua sebaiknya tidak panik saat anaknya bermain di tempat kotor, ya.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Dikutip dari laman The Health Site, Selasa 19 November 2019, membuat tubuh si kecil tak selalu bersih ternyata bisa membuat bakteri baik hinggap di tubuhnya. Dengan adanya bakteri baik, sistem imunitas tubuh yang berpangkal di area thymus yaitu di antara jantung dan tulang dada anak, di mana tempat untuk memproduksi sel T, bisa terlatih dalam melawan bakteri jahat.

Saat si kecil terpapar bakteri, sel T ini akan terus menerus berlatih dalam melakukan perlawanan. Hal ini yang membuat sel baik bagi daya tahan tubuh anak sehingga nantinya bisa kebal dengan penyakit.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Sebaliknya jika si kecil sangat jarang terpapar debu dan polusi, dapat memicu reaksi alergi dari sel imunitasnya. Sehingga, reaksi ini tentu berbahaya bagi anak dalam menjalankan aktivitasnya.

Nah, jadi jangan takut biarkan si kecil terpapar debu, polusi atau sebagainya ya, Bun. Adanya perbandingan bakteri baik dan jahat di tubuh, membuat daya tahannya menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Dengan begitu, si kecil bisa tumbuh disertai perkembangannya yang lebih pesat karena selalu sehat dan kuat melawan penyakit.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Nilai Kelakuan Lolly Semakin Memperburuk Keadaan

Artis kontroversial Nikita Mirzani kembali melontarkan komentar pedasnya, terhadap hidup putri sulungnya yang di nilai semakin hari semakin memperburuk keadaan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024