5 Ide Aktivitas Liburan Anak Bagi Orangtua yang Enggak dapet Jatah Cuti

Liburan bersam keluarga di Taman Bermain Jungleland Bogor.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

JAKARTA Pekan depan anak-anak sekolah sudah memasuki libur sekolah. Bertepatan dengan liburan akhir semester dan libur Natal dan Tahun Baru 2023 berbagai kegiatan ingin dilakukan anak-anak yang tidak bisa dilakukan selama bersekolah.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Namun tidak sedikit dari mereka harus gigit jari lantaran orang tua yang belum mendapat cuti liburan akhir tahun. Jangan sedih sebagai orang tua kita bisa membuat berbagai kegiatan seru nan tak terlupakan untuk anak-anak di rumah.

Berikut ini beberapa ide aktivitas liburan tak terlupakan bagi anak-anak melansir dari berbagai sumber.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

1. Berkemah

Ilustrasi berkemah

Photo :
5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Berkemah juga bisa dilakukan di belakang rumah. Ajak teman-teman anak Anda untuk datang dan berkemah bersama. Buat tenda bersama mereka dan ciptakan suasana layaknya berkemah di sejumlah destinasi camping outdoor. Jangan lupa siapkan sejumlah snack ringan dan makanan untuk barbeque bersama-sama mereka. 

2. Olahraga

Gerakan olahraga russian twist

Photo :
  • Womens Health

Ada berbagai aktivitas olahraga menarik yang bisa dilakukan. Misalnya saja main futsal bersama di lapangan dekat rumah. Ajak anak Anda dan teman-teman dan buat kompetisi bersama. Jangan lupa ajak orang tua dari teman-teman Anda untuk menciptakan suasana layaknya seperti turnamen futsal besar. Seperti menggunakan atribut Jersey futsal hingga headband. 

Berbicara mengenai Jersey, Willo one stop store yang baru saja membuka gerainya di Mall of Indonesia dengan konsep Home of Champions menawarkan tempat untuk memenuhi kebutuhan sepatu dan activewear anak-anak. Menariknya store ini juga berkolaborasi dengan seniman Jaimee untuk menghadirkan Willoboration sebuah konsep kolaborasi desain mural yang menggambarkan semangat anak anak untuk berani berekspresi meraih mimpi drngan tampilan gaya sesuai dengan keinginannya.

Selain itu di tahun 2020 lalu store ini juga meluncurkan spesial produk Jersey Mills yang menjadi pakaian resmi Tim Nasional Indonesia. Jersey ini dikenakan pertama kali pada pemusatan latihan (TC) Timnas Senior Indonesia di Jakarta.

3. Berkebun

Manfaat berkebun bagi anak

Photo :
  • Pixabay

Kegiatan menarik lainnya juga bisa mengajak anak berkebun menanam bunga atau sayuran di pekarangan rumah. Selain dapat mengajarkan anak-anak tentang alam dan lingkungan, berkebun juga membantu anak untuk belajar sabar dalam memelihara tanaman mereka.

4. Memasak

Memasak

Photo :
  • Pixabay

Memasak dan menyiapkan makanan untuk makan malam bisa menjadi momen menarik bagi anak-anak. Memasak sendiri membantu anak untuk berkreasi dengan ide dalam membuat hidangan bersama orang tua. Dengan memasak bersama juga akan menumbuhkan kedekatan antar orang tua seperti memotong dan mengupas bahan makanan hingga memasak bersama sambil bernyanyi. 

5. Piknik

ilustrasi piknik

Photo :
  • Pixabay/ JillWellington

Piknik di taman dekat rumah atau di beberapa taman hits di Jakarta juga bisa jadi ide aktivitas liburan yang menyenangkan. Anda bisa mencoba pergi ke hutan GBK di Senayan pada sore hari. Jangan lupa untuk membawa tikar dan sejumlah makanan dan minuman ringan untuk dikonsumsi bersama-sama. Dengan piknik Anda juga bisa saling bercerita satu sama lain sehingga membuat komunikasi yang sempat merenggang akibat kesibukan satu sama lain bisa kembali bersatu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya