Ingin Anak Pintar, Beri Makan Ikan

Anak makan ikan.
Sumber :

VIVA – Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa anak yang makan ikan satu kali saja dalam sepekan, bisa memiliki skor IQ yang lebih tinggi dan tidurnya lebih nyenyak.

Dianggap Sepele, Permainan Ini Ampuh Asah Kemampuan Anak Balita

Penelitian tersebut mengatakan bahwa mengonsumsi makanan laut setidaknya satu kali dalam sepekan bisa meningkatkan skor IQ anak hingga 4,8 poin, dibandingkan anak-anak yang tidak pernah mengonsumsinya.

"Jika ikan bisa meningkatkan kualitas tidur, bagus. Jika ikan juga bisa meningkatkan performa kognitif, seperti yang kami lihat di sini, akan lebih baik. Ini manfaat ganda," ujar penulis penelitian, Profesor Adrian Raine dari University of Pennsylvania, seperti dikutip laman Dailymail.

Fakta di Balik MPASI Fortifikasi, Benarkan Berbahaya untuk Bayi?

Dalam penelitian sebelumnya terungkap bahwa tipe ikan tertentu mengandung asam lemak omega-3 yang memainkan peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan jaringan saraf, dan karenanya dapat meningkatkan kecerdasan.

Asam lemak ini juga berperan penting dalam produksi hormon melatonin, yang mengatur tidur dan bangun.

Geger 12 Orang Keracunan Ikan Sarden, 1 Orang Dilaporkan Tewas

Untuk mendapatkan temuan ini, para peneliti menganalisis 541 siswa di China berusia 12 tahun. Konsumsi ikan antara usia 9-11 tahun ditentukan lewat kuisioner yang menanyakan mengenai seberapa sering mereka mengonsumsi ikan dalam bulan tertentu. Kuisioner ini tidak secara spesifik menyebut jenis ikan.

Kualitas tidur anak kemudian diukur melalui orangtua mereka yang mengisi kuisioner yang menanyakan mengenai jam tidur anak selama semalam, ketahanan saat tidur, kecemasan tidur, terbangun di malam hari, dan rasa kantuk di siang hari.

Lalu, IQ mereka diinvestigasi dengan menilai aritmatika, kosakata, dan pemahaman informasi anak, begitu juga dengan kemampuan mereka menyusun gambar serta menata kode.

Hasilnya, anak yang mengonsumsi ikan secara rutin memiliki skor IQ yang secara signifikan lebih tinggi, dan gangguan tidur yang lebih sedikit. Anak yang makan ikan sedikitnya satu kali sepekan, mendapatkan skor 4,8 IQ lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak pernah makan makanan laut atau memakan lebih sedikit dalam sebulan.

Sementara itu, anak yang makan ikan dua hingga tiga kali sebulan mendapatkan skor IQ 3,31 poin lebih tinggi.

Para peneliti menambahkan, anak seusia 10 bulan bisa mengonsumsi ikan, selama tidak ada duri dan dipotong-potong kecil. Ikan harus menjadi bagian dari menu makan anak dari sebelum usia dua tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya