Berkunjung ke Art Jakarta, Batasi Foto dan Jangan Sentuh Karya Seni

Salah satu karya seni yang akan ditampilkan di Art Jakarta 2018
Sumber :
  • karya seni

VIVA – Art Jakarta akan kembali hadir untuk para pencinta seni yang diselenggarakan pada 2-5 Agustus 2018 mendatang di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Jakarta. Dengan tema 10 by 10, berbagai karya dan penampilan seni di Art Jakarta dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dengan beragam karakteristik.

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Dikatakan Dedy Koswara selaku Deputy Head of Committee Art Jakarta, karya seni juga merupakan investasi pendidikan untuk menanamkan nilai positif pada generasi muda seperti apresiasi terhadap kreativitas, keindahan, perpaduan warna, atau kecintaan terhadap alam. Adapun yang mencari karya seni untuk dekor rumah, meningkatkan strata sosial agar dikategorikan lebih tinggi, namun ada pula para penikmat seni yang memiliki hobi mengoleksi karya seni seperti halnya mengoleksi perhiasan atau mobil mewah.

"Namun, memilih karya seni sebagai sumber investasi di Indonesia masih memiliki tantangan karena minimnya pemahaman sejarah seni dan harga yang tidak ada batasan," ujar Dedy Koswara saat Konfrensi Pers di The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis, 12 Juli 2018.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Di sinilah menurut Dedy, peran kurator, pemilik galeri, kritikus, hingga pengamat seni sangat penting dalam penentuan nilai suatu karya seni dan Art Jakarta menjadi salah satu platform yang mampu menghadirkan semua pihak tersebut untuk meningkatkan apresiasi dan nilai terhadap suatu karya seni.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Selain itu, Dedy menambahkan bahwa para pengunjung harus bisa menghargai karya seni yang dipamerkan di Art Jakarta maupun museum lainnya. Salah satunya dengan membatasi pengambilan foto saat berada di dalam.

"Untuk dapat menikmati karya seni di Art Jakarta 2018 secara maksimal, kami sarankan pengunjung untuk mengikuti tips-tips seperti menitipkan barang bawaan, memperhatikan garis pembatas dan tidak menyentuh karya seni, batasi mengambil foto dan tidak menggunakan flash," terangnya.

Tak hanya itu, disarankan juga untuk selalu mengawasi jika membawa anak kecil, hargai pengunjung lain yang sedang mengantre menikmati seni, dan jangan lupa membeli suvenir resmi Art Jakarta 2018 sebagai kenang-kenangan.

Para pengunjung Art Jakarta 2018 dapat menikmati lebih dari 1.000 karya seni hasil karya lebih dari 300 seniman dan 51 galeri dengan HTM Rp50.000. Jadwal pameran di Hari Jumat 3 Agustus 2018 pukul 12.00-22.00, Sabtu 4 Agustus 2018 pukul 10.00-22.00, dan Minggu 5 Agustus 2018 pukul 10.00-21.00.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya