Ngevlog saat Liburan? Tidak Perlu Kamera Mahal Kok, Ini Tipsnya

Tips ngevlog. Sumber foto: Pesona Indonesa.
Sumber :

VIVA – Mengabadikan momen dengan menggunakan video yang di upload ke YouTube alias ngevlog bukan hal yang baru. Kegiatan satu ini kini semakin tren di berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Terlebih ngevlog saat liburan ke suatu tempat.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Tentu ngevlog saat liburan tidak melulu harus menggunakan peralatan-peralatan yang canggih dengan harga selangit. Jika memang kamu ingin memulai ngevlog saat liburan namun hanya memiliki peralatan seadanya, tentu hal tersebut tetap bisa dilakukan. 

Berikut tips ngevlog dengan peralatan sederhana yang bisa kamu praktekan dengan mudah. 

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

1. Menggunakan kamera smartphone
Ngevlog ternyata tak membutuhkan kamera profesional agar mendapatkan gambar yang bagus. Menggunakan kamera di telepon pintar ternyata sudah cukup, asalkan gawai kita punya kualitas gambar yang bagus. Hal ini sangat penting, agar kita bisa mempersiapkan konten vlog yang menarik. Telepon pintar dengan fasilitas dual kamera juga sudah cukup untuk membuat vlog yang baik.

Gunakan resolusi HD untuk mempermudah cropping gambar saat proses editing. Jangan lupa membawa charger atau powerbank untuk berjaga-jaga saat baterai habis di tengah proses pengambilan gambar.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

2. Buat cerita yang dikemas dengan menarik
Sebisa mungkin, buatlah video yang mampu bercerita dan kontennya digemari penonton. Viewers biasanya sangat senang dengan cerita perjalanan atau pengalaman menarik yang dirasakan saat sedang liburan. Pengalaman tersebut bisa kita ceritakan secara lisan, atau melalui paduan gambar. Tetapi, kita tetap harus memberikan porsi yang tepat untuk keduanya. Sangat penting untuk memasukkan beauty footage, timelapse, culture, close up, dan arsitektur.

3. Review destinasi
Isi vlog sebaiknya mampu membuat siapa saja yang nonton memahami kelebihan dan kekurangan destinasi yang dituju. Di sinilah tujuan dari pentingnya menyelipkan sedikit cerita atau review soal destinasi wisata yang kita kunjungi.

Kita juga bisa menambahkan tentang ragam atraksi wisata yang ada di tempat tersebut. Paling penting, kita harus me-review dengan jujur. Tujuannya, agar para penonton bisa menempatkan rasa percaya pada cerita yang kita buat. Usahakan agar gambar-gambar yang ditampilkan memiliki alur cerita, agar penonton benar-benar memahami apa yang ingin kita sampaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya