Menyusuri Keindahan 'Cahaya Surga' di Gua Jomblang

Gua Jomblang. Sumber foto: Pesona Indonesia.
Sumber :

VIVA – Wisata gua merupakan panorama alam bawah tanah yang memukau. Beruntungnya, Indonesia memiliki banyak gua tersembunyi yang sangat indah dan wajib Anda kunjungi. Salah satunya Gua Jomblang di Gunung Kidul, Yogyakarta.

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Di Gua Jomblang Anda bisa melihat uniknya ‘Cahaya Surga’, atau yang disebut fenomena ray of light. Lantaran lokasinya berada di kedalaman 90 meter dari permukaan tanah, sehingga membuat pemandangan cahaya ini terkesan menakjubkan.

Gua dengan Hutan Purba Gunung Kidul

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Mulut Gua Jomblang berbentuk vertikal dengan menyajikan keindahan gua yang tidak kalah bagus dengan wisata Gua Pindul yang juga berada di kawasan Gunung Kidul.

Dahulu Gua ini merupakan satu di antara ratusan hingga ribuan gua yang ada di kawasan Gunung Sewu. Gua Jomblang terbentuk dari proses geologi amblasnya tanah di atas beserta vegetasi yang terjadi pada ribuan tahun lalu.

Transformasi Pengalaman Traveling: Kolaborasi Garuda Indonesia dan UOB dalam Lifestyle & Pariwisata

Vegetasi Gua Jomblang yang amblas ke dasar gua terus tumbuh dengan subur. Hingga saat ini dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan hutan Purba Gunung Kidul. Lantaran jenis tumbuhan memiliki keunikan dan berbeda dengan taman lainnya yang ada di permukaan tanah.

Icon Geopark Dunia

Sejak pegunungan sewu ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Global Geopark Network pada tahun 2015, hingga saat ini Gua Jomblang ditunjuk sebagai icon goepark dunia. Terdapat empat jalur utama untuk sampai dasar gua. Namun, jika Anda mau menjelajah gua ini harus berbekal peralatan SRT yang lengkap, dan harus didampingi oleh pemandu.

Jika Anda bisa mencapai dasar gua tepat jam 1 siang, Anda akan mendapatkan pemandangan eksotis secara langsung sinar Matahari menerobos masuk menembus kegelapan ke dasar gua. Sinar Matahari tersebut menyentuh beberapa stalagtit yang terbentuk dari tetesan air selama ratusan tahun.

Di dasar gua terdapat aliran sungai yang bermuara di wisata Kali Suci, terletak pada bagian utara stalagmit besar. Anda bisa menggunakan transportasi perahu untuk menyusuri aliran sungai ini.

Mengingat jalurnya yang cukup ekstrem, tak heran jika Gua Jomblang menjadi spot favorit bagi pencinta alam yang hobi melakukan kegiatan caving, atau sejenis kegiatan outdoor seperti climbing yang berisiko tinggi. Kegiatan ini harus dilakukan dan didampingi oleh orang yang profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya