Replika Sekolah Laskar Pelangi Jadi Tempat Wisata Favorit Belitung

Sekolah Ikal, Laskar Pelangi
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Sekuel pertama ini pun menggambarkan persahabatan murid SD Muhammadiyah Gantong, Belitung Timur.

Keahlian Underwater Welding Langka, Kemnaker Jalin Kerja Sama Pelatihan Pengelasan Bawah Air

Selain pantai Tanjung Kelayang, ikon yang juga menarik adalah sekolah Ikal dan kawan-kawannya. Tim VIVA pun berkesempatan mengunjungi replika SD Muhammadiyah Gantong di Desa Lenggang, Kecamatan Gantong.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu, pengunjung dapat merasakan atmosfer dalam film dan novel tersebut. Usut punya usut, menurut pemandu lokal setempat, Dewi Ariani, replika ini merupakan replika kedua.

Masih Punya Sisa Cuti? Yuk Manfaatkan Buat Liburan ke Empat Destinasi Ini

“Ini replikanya, kalau yang aslinya sudah roboh kemudian direnovasi dan digunakan menjadi gedung SMP Muhammadiyah di Jalan Teratai,” kata dia saat di lokasi, Jumat 30 November 2018.

Sekolah Ikal, Laskar Pelangi

5 Rekomendasi Film Perjuangan untuk Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Dia melanjutkan, SD Muhammadiyah Gantong yang digunakan untuk set film Laskar Pelangi berada di SD 13 Gantong. Semenjak film tersebut booming, banyak wisatawan datang ke lokasi tersebut.

Karena merasa proses pembelajaran di sekolah tersebut sedikit terganggu, akhirnya replika SD tersebut dipindahkan ke Desa Selingsing. Namun, replika tersebut terlihat lebih modern dengan lantai keramik dan atapnya terbuat dari genting. Hingga akhirnya dipindahkan ke Desa Lenggang yang VIVA kunjungi.

Sekolah Ikal, Laskar Pelangi

“Replika ini benar-benar mirip dengan aslinya,” jelas dia.

Bukan hanya merasakan bagaimana Bu Halimah mengajarkan 10 siswa Muhammadiyah Gantong dan berfoto di beberapa tempat yang ikonik saja. Pengunjung pun bisa membeli makanan dan suvenir asli khas daerah tersebut yang dikelola Badan Usaha Milik Desa yang terletak di bagian depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya