Jangan Kaget, Ini 7 Tempat yang Tidak Pernah Dijelajah Di Dunia

Sungai Gelap di Greenland.
Sumber :
  • Science Market News

VIVA Travel – Meski banyak orang mengatakan bahwa seluruh dunia sudah berhasil dijelajahi, apa yang kalian percaya dengan kutipan tersebut? Faktanya masih ada banyak tempat di dunia yang tidak pernah dijelajah atau masih belum berhasil dijamah oleh manusia

Heboh Kapal yang Hilang Satu Abad di Segitiga Bermuda Ditemukan

Tempat tersebut tidak berhasil dijelajahi karena berbagai macam alasan. Ada yang karena terlalu terpencil, ekstrim, dan karena adanya suku yang sangat primitif. Dimana sajakah tempat yang dimaksud? Inilah daftar yang Viva rangkum dari berbagai sumber.

1. Segitiga Bermuda

Terpopuler: Tempat Misterius di Bumi Disebut dalam Alquran, Idol K-Pop Kepincut Sambal

Segitiga Bermuda.

Photo :
  • Science Hook

Segitiga Bermuda adalah tempat paling misterius di Samudera Atlantik yang berada di perbatasan Miami, Bermuda dan Puerto Rico.

Belum Terungkap, Ini 6 Tempat Misterius di Bumi yang Disebutkan dalam Al Quran

Sejak lama, puluhan kapal dan pesawat telah menghilang di Segitiga Bermuda. Lokasi ini pun hingga kini masih menjadi misteri karena tidak bisa dicapai dan diidentifikasi oleh manusia. Kapal dan pesawat yang pernah menghilang dilaporkan tidak mengirimkan pesan-pesan darurat melalui radio.

Ada berbagai teori fantastis mengenai Segitiga Bermuda, tetapi belum ada yang dapat mengungkap kapal dan pesawat tersebut.

2. Greenland

Lapisan es Greenland dari pantauan Satelit NASA.

Photo :
  • Dok. NASA

Greenland. Greenland adalah negara yang sangat besar. Negara ini memiliki luas hingga 800.000 mil2. Ini menjadikan Greenland sebagai pulau terbesar yang ada di dunia. Memiliki luas sedemikian besar, tak semuanya berhasil dieksplor oleh manusia.

Sebanyak 3/4 bagian dari Greenland masih belum berpenghuni. Ini disebabkan oleh tertutupnya area tersebut dengan selimut es yang tebal. Es di wilayah tersebut tebalnya bisa mencapai 3.200 meter dan usianya yang bisa mencapai 400.000 sampai 800.000 tahun. Penduduknya yang hanya sekitar 56.000 membuat negara ini cukup sepi penduduk.

3. Pulau Sentinel Utara

Pulau paling rahasia di dunia: Suku Sentinel di Kepulauan Andaman

Photo :
  • Yahoo

Pulau Sentinel utara adalah satu-satunya pulau terakhir yang akan menjadi tujuan hidup kalian bila sedang sial terdampar di sana,  Pulau ini terletak di Teluk Bengal dan ditinggali oleh Suku Sentimalese.

Bila kalian terdampar di pulau tersebut dan bertemu dengan Suku Sentimalese, lebih baik kalian persiapkan doa saja. Suku Sentimalese terkenal sangat sadis, suku ini menutup kontak dari luar pulau layaknya Vale do Javari.

Pemerintah India sudah menetapkan peraturan untuk tidak menginjakkan kaki atau bahkan melintasi Pulau Sentinel utara demi alasan apapun. Pada Januari 2006, ada 2 nelayan yang terdorong oleh arus air ke dekat pulau. Kedua nelayan tersebut akhirnya dibunuh oleh Suku Sentimalese.

4. Yucatan Cenotest

Gua di Semenanjung Yucatan, Meksiko

Photo :
  • Youtube

Indahnya goa di atas membuat kita harus bersyuku kepada Yang Maha Kuasa atas keindahan yang Ia berikan di Bumi. Yucatan Cenotes adalah nama goa indah yang berada di Meksiko. Keberadaan goa tersebut membuka banyak mata orang akan keindahan bawah air yang terdapat di Meksiko. Sayangnya, goa tersebut belum seluruhnya dijelajahi.

Sejak ditemukan hingga sekarang, Goa Yucatan Cenotes masih belum berhasil dijelajahi 100%. Medan yang sulit membuat para penjelajah lebih memilih untuk mundur daripada harus bertaruh nyawa masuk ke bagian dalam goa. Jangankan manusia, ikan yang kecil saja belum tentu bisa menyentuh bagian terdalam dari Yucatan Cenotes.

5. Gurun Namib

Gurun Namibia.

Photo :
  • U-Report

Jika ditanya, maukah kalian tinggal di padang gurun atau gurun pasir, pasti semuanya akan menjawab tidak. Kenapa? Tidak ada internet, tempat hiburan, dan terlebih lagi suhu yang ekstrim membuat sulit untuk bisa bertahan hidup di padang gurun.

Salah satu gurun tertua di dunia, Padang Gurun Namibia, adalah padang gurun luas yang belum banyak orang berhasil menjelajahinya. Berada di Afrika Selatan, Padang Gurun Namibia membentang lebih dari 2.000 km di sepanjang wilayah Namibia, Afrika Selatan, dan Angola.

Hanya 2mm air per tahun membuat Padang Gurun Namibia begitu kering. Jangankan manusia, di padang gurun tersebut bahkan jarang ditemukan hewan atau tumbuhan.

6. Palung Mariana

Palung Mariana.

Photo :
  • Nordic Life

Palung Mariana adalah tempat dimana manusia modern belum pernah menjelajahi wilayah tersebut 100%. Palung ini adalah wilayah laut paling dalam yang ada di planet Bumi. Saking dalamnya palung tersebut, bila kalian masukkan Gunung Everest ke dalamnya, Gunung Everest masih tetap tak kelihatan.

Kedalaman dari Palung Mariana diperkirakan mencapai 24.140 km. Kedalaman maksimum yang berhasil dijelajahi adalah 10.972 meter, disebut dengan Challenger Deep. Karena masih dalamnya Palung Mariana yang masih belum terungkap, diyakini masih ada banyak makhluk hidup yang belum diketahui, mendiami Palung Mariana.

7. Vale Do Javari

Sungai Amazon

Photo :
  • U-Report

Vale do Javari adalah sebutan orang Brazil untuk menyebut Lembah Javari. Javari Valley, begitulah kira-kira nama tempat yang merupakan daerah teritorial asli di Brazil. Javari Valley memiliki luas lebih besar dari Austria, namun, tak ada manusia modern yang pernah menginjakkan kaki mereka di daerah tersebut.

Meski tanah di Javari Valley masih asri dan belum pernah diinjak oleh manusia modern, bukan berarti daerah tersebut tak berpenghuni.

Tercatat ada beberapa grup atau suku yang tinggal di Javari Valley. Ada sekitar 3.000 penduduk asli yang tinggal di Javari Valley. Untuk menjaga keaslian Javari Valley, pemerintah Brazil mengeluarkan peraturan untuk melarang siapapun yang masuk ke dalam Javari Valley.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya