5 Waduk Paling Angker di Pulau Jawa, Kisahnya Bikin Merinding!

Air masuk kedalam terowongan turbin pembangkit listrik Waduk Jatiluhur
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA Lifestyle – Hal-hal yang berbau mistis dan angker sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Tampaknya di setiap sudut daerah bisa dipastikan mempunyai cerita horor masing-masing.

Ratusan Ribu Ikan Mati di Vietnam Akibat Gelombang Panas Ekstrem

Baik dari lokasi yang tidak terkenal sampai yang paling populer sekalipun sering kali dihubungkan dengan kehadiran makhluk gaib, misalnya waduk yang ada di Pulau Jawa

Waduk Jatiluhur

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pengunjung Penuhi Masjid Al Kamil yang Menyuguhkan Pemandangan Waduk Jati Gede Sumedang

Waduk adalah sebuah danau buatan yang dipakai untuk menyimpan air. Pulau Jawa ada banyak sekali waduk yang bukan hanya berguna untuk sumber listrik dan perairan di sekitarnya, tapi juga sangat indah.

Tak heran bila waduk biasanya dijadikan sebagai destinasi menarik untuk masyarakat sekitar. 

Bukan Hanya Terbelah, Raja Jayabaya Juga Ramal Pulau Jawa Bakal Tenggelam

Tapi, walau mempunyai perairan jernih yang menyejukkan mata ditambah dengan pemandangan alam yang penuh pesona, tetap saja terselip kisah seram di dalamnya yang membuat bulu kuduk merinding.

Nah, berikut beberapa waduk paling angker di Pulau Jawa yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Waduk Saguling

Waduk Saguling untuk PLTA di Bandung Barat

Photo :
  • Antara/ Rosa Panggabean

Waduk Saguling adalah sebuah danau buatan yang berada di Bandung pada ketinggian mencapai 643 meter di atas permukaan laut. Waduk ini adalah salah satu dari tiga waduk yang membendung aliran Sungai Citarum yang menjadi sungai terbesar di Jawa Barat. Fungsi utama waduk ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dikelola oleh PLN. 

Disamping itu, Saguling diyakini oleh masyarakat setempat sebagai lokasi kerajaan gaib. Tidak heran saat pengunjung datang ke sana kerap melihat makhluk dari dimensi lain.

Konon, ada sesosok hantu perempuan cantik yang sering muncul di Waduk Saguling. Kehadiran sosok itu menandakan akan terjadinya peristiwa kesurupan. 

2. Waduk Watest

Bendungan (ilustrasi)

Photo :
  • PUPR

DAM atau bendungan ini berada di Dusun Wates, Desa Kebonagung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun ini memang sudah dikenal cukup lama sebagai waduk paling angker di Pulau Jawa.

Waduk Wates ini sudah banyak melahap korban jiwa sejak masa pembangunannya beberapa tahun yang lalu. Terbaru, tiga orang pekerja proyek hilang di sana. 

Setelah dilaporkan hilang, masyarakat setempat sepakat untuk menggelar ritual dengan melarung tiga ekor ayam putih hidup-hidup dan kembang telon.

Percaya atau tidak, satu jam berlalu, tiga orang pekerja itu ditemukan sekitar pukul 17.00 WIB, padahal tim SAR sudah mencari sejak pukul 11.00 WIB. Masyarakat meyakini bahwa ini adalah ulah makhluk halus. 

3. Waduk Jatiluhur

waduk Jatiluhur

Photo :
  • Antara/ Saptono

Masyarakat yang berada di sekitar waduk paling angker di Pulau Jawa ini meyakini bahwa ada sosok gaib yang dinamakan sebagai Mbah Jawer yang mendiami kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta. Apalagi, ditambah dengan kecelakaan yang terjadi sampai memakan korban pun kerap dihubungkan dengan hal-hal berbau mistis. 

Banyak yang mempercayai bahwa bila ada kecelakaan, hal ini tidak lain karena penunggu meminta tumbal. Tapi selain itu, Waduk Jatiluhur ini memang mempunyai keindahan alam yang mampu menenangkan pikiran. Menghabiskan waktu senja bersama keluarga di sini bukanlah sebagai pilihan yang buruk. 

4. Waduk Cirata

Waduk Cirata di Jawa Barat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Waduk Cirata adalah salah satu danau buatan yang berada di tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Purwakarta, Cianjur, dan Bandung Barat. Airnya yang jernih disertai dengan bentang alam yang sangat menakjubkan di sekelilingnya membuat banyak orang ingin mengunjungi waduk tersebut. 

Meski mempunyai keindahan alam yang sangat memukau, tapi waduk paling angker di Indonesia ini tidak bisa lepas dari kisah mistis. Konon katanya, ada sosok tak kasat mata yang berbentuk pria bertubuh besar dan diselimuti dengan kobaran api yang menghuni waduk tersebut. 

5. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur

Photo :
  • http://tempatwisatadaerah.blogspot.com

Waduk Gajah Mungkur yang berada di Wonogiri ini bisa dikatakan angker karena banyak wisatawan maupun masyarakat setempat yang sering diganggu oleh makhluk tak kasat mata. Seorang warga bahkan tidak hanya sekadar melihat sekilas, tapi juga diganggu. Sosok pocong pernah lompat ke atas sebuah mobil pick up milik warga. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya