Pariwisata Indonesia Masuk Daftar Negara yang Mampu Bertahan saat Pandemi

ilustrasi hotel dan resort di Bali
Sumber :
  • hotel.co.id

JAKARTA – Indonesia menjadi salah satu negara dengan kondisi pariwisata yang mampu bertahan saat pandemi COVID-19. Terbukti, memasuki bulan ketiga tahun 2023 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia mencapai 809,96 ribu kunjungan. 

Enggak Sengaja Masuk Box Paket, Galena Traveling 804 Km

Jumlah tersebut meningkat 15,39 persen dibandingkan Februari 2023 (month-to-month) dan 470,37 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu (year-on-year). Scroll untuk info selengkapnya.

Peningkatan tersebut bukan hanya pada wisatawan lokal di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat peningkatan yang stabil terhadap jumlah penerbangan ke luar negeri setiap tahunnya.

Wisman Melancong ke RI Maret 2024 Merosot 1,91 Persen Jadi 1.041.861 Orang

Jika diperhatikan, minat yang semakin tinggi tersebut juga didukung hal-hal lain yang membuat traveling kini jadi lebih mudah untuk dilakukan. Terlebih, saat ini traveling atau berwisata sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Bahkan meningkatnya secara signifikan perjalanan wisatawan Indonesia ke luar negeri pasca-pandemi, tercatat dari rilis yang dikeluarkan Bank Indonesia pada kuartal keempat tahun lalu mencapai US$2,3 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya US$2,2 juta. 

Ini seiring dengan peningkatan wisatawan ke luar negeri, terutama untuk umrah. Berdasarkan laporan Neraca Pembayaran kuartal IV menjabarkan, jumlah kunjungan wisatawan ke luar negeri naik dari 1,4 juta pada kuartal III 2022 menjadi 1,9 juta orang.

Ini menunjukkan saat ini ada tren orang Indonesia gemar melakukan perjalanan ke luar negeri, di mana ini menjadi paradigma baru dari pariwisata ke depannya, orang ingin healing benerin feeling, refreshing yang tidak bikin kantong kering apalagi pening. 

Paradigma baru pariwisata terdiri atas wellness tourism, work from destination, culture immersion, serta off-grid travel. Semakin banyak orang menggemari bekerja dari mana saja, tidak terpaku pada kantor. Lalu, kultur dari sebuah destinasi juga menjadi poin menarik. Kemudian off-grid travel, artinya wisatawan kian senang beralih dari pola perjalanan lama menuju destinasi baru.

Dalam kondisi tersebut, WishTravelers (WT) hadir membantu memenuhi impian para traveler dengan budget terbatas. 

"WishTravelers menawarkan kemudahan bagi anak-anak muda ataupun keluarga yang akan melakukan perjalanan. Khusus mereka yang pengen healing jalan-jalan murah keliling dunia tapi sibuk dengan pekerjaan, WishTravelers hadir dengan berbagai program penawaran menarik dan bagus dibandingkan travel lain," ujar Febri, Founder WishTravelers yang sudah menjelajah lebih dari 65 negara di dunia ini, dikutip dari keterangannya, Selasa 25 Juli 2023. 

"Seperti informasi yang bikin kita dapat pengetahuan baru, apalagi buat mereka yang belum pernah ke luar negeri, bukan asal bikin feed yang bikin blunder," sambungnya. 

Febri menambahkan, sejak berdiri pada 2016 hingga 2023 ini, sudah 6000 lebih travelers yang bergabung melakukan perjalanan atau healing keliling dunia, seperti di Eropa para travelers dapat menikmati keindahan beberapa negara seperti, Switzerland, France, Netherlands, Austria, Italy, Eropa Timur, Eropa Barat, UK Inggris & Scotlandia, Turkey Cappadocia, Spanyol Andalusia, dan Serbia. 

Selain Eropa, travelers juga bisa menikmati liburan di Amerika, New Zealand, dan Asia bisa memilih di Negara Jepang, Korea Selatan, Thailand, India dan Australia. Bagi travelers muslim, WishTravelers (WT) juga memfasilitasi perjalanan Umroh ke Tanah Suci Makkah dan Madinah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya