12 Fakta Menarik Tentang Air Terjun Victoria, Ada Fenomena Unik Saat Bulan Purnama

Air Terjun Victoria
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Air Terjun Victoria, yang terletak di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe, adalah salah satu tujuan wisata alam paling mengagumkan di dunia. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Lantas, apa saja yang unik dari air terjun ini? Dikutip dari situs True Travel, berikut sederet fakta unik yang perlu kamu tahu.

1. Air Terjun Terbesar Di Dunia

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Air Terjun Victoria

Photo :
  • Pixabay

Air Terjun Victoria bukanlah air terjun terluas atau tertinggi di dunia, namun merupakan lapisan air terjun terbesar di dunia, yang memperkuat klasifikasi ini. Tingginya dua kali lipat Air Terjun Niagara di Amerika Utara, dan hanya bisa disaingi oleh Air Terjun Iguazu di Amerika Selatan. Tingginya 108m dan lebar 1708m.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

2. Air Terjun Victoria Adalah Bagian dari Sungai Zambezi

Sungai Zambezi adalah sungai terbesar keempat di benua Afrika dan membentang di enam negara berbeda, perjalanannya yang menakjubkan membentang sepanjang 2.700 km.

Sepanjang perjalanan, kamu dapat melihat berbagai satwa liar dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas. Air Terjun Victoria merupakan batas yang memisahkan bagian atas dan tengah Zambezi.

3. Ditemukan di Dua Taman Nasional

Taman Nasional Mosi-Oa-Tunya adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang merupakan rumah bagi sebagian Air Terjun Victoria dan dinamakan demikian karena “Mosi-Oa-Tunya” berarti “asap yang bergemuruh” – sebuah analogi yang sempurna untuk perairan yang menakjubkan ini. Air Terjun Victoria juga, mungkin tidak mengherankan, ditemukan di Taman Nasional Air Terjun Victoria.

4. Nama Bahasa Inggrisnya Dipilih Oleh David Livingstone

Pada tahun 1855, penjelajah dan misionaris Inggris David Livingstone adalah orang Eropa pertama yang menyaksikan keindahan salah satu pemandangan paling menakjubkan di Afrika, Air Terjun Victoria. 

Dia menamakannya untuk raja Inggris saat itu, Ratu Victoria. Meskipun banyak tempat telah kembali ke nama asli mereka, masyarakat setempat sangat menghormatinya sehingga nama itu tetap tidak berubah.

5. Dapat Melihat dari Dua Negara

75% Air Terjun dapat dilihat dari sisi Zimbabwe, sedangkan 25% sisanya terlihat dari sisi Zambia. Meskipun Zimbabwe mendapat perhatian media yang negatif dalam beberapa tahun terakhir, penduduk setempat meyakinkan pengunjung bahwa negara ini sangat aman, dan biasanya memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

6. Air Terjun Victoria Adalah Salah Satu dari Tujuh Keajaiban Alam Dunia

Air Terjun Victoria

Photo :
  • Pixabay

Tujuh keajaiban alam dunia adalah Air Terjun Victoria, Aurora Borealis, Pelabuhan Rio de Janeiro, Grand Canyon, Great Barrier Reef, Gunung Everest, dan Parícutin.

7. Memiliki Beberapa Ngarai

Air Terjun Victoria adalah salah satu misteri alam yang rumit, dan memiliki beberapa ngarai utama. Ini adalah Ngarai Pertama, Kedua, Ketiga, Keempat, dan Kelima, dan Ngarai Songwe, dinamai berdasarkan Sungai Songwe, mengalir dari timur laut.

8. 500 Juta Liter Air Cascade Setiap Menit

Jumlahnya sepertinya terlalu mustahil untuk dibayangkan! Jumlah tersebut setara dengan 200 kolam renang ukuran Olimpiade. Mengalir dengan kecepatan 1088m3/s.

9. Jatuh Menciptakan “Bulu Bulan”

Air Terjun Victoria

Photo :
  • True Travel

Pelangi itu indah, moonbow adalah fenomena spesial dan unik yang hanya terjadi di dua tempat di dunia, dan Air Terjun Victoria adalah salah satunya. Pelangi bulan terjadi saat cahaya bulan purnama menyinari Air Terjun, dan ini merupakan pemandangan yang patut untuk disaksikan.

10. Hujan Sepanjang Hari

Di sisi Air Terjun Zimbabwe kamu akan menemukan Hutan Hujan Air Terjun Victoria, yang merupakan satu-satunya tempat di bumi yang melihat hujan setiap hari sepanjang tahun. Hujan memberkati area ini dengan tanaman hijau subur di hutan, dan pengunjung disarankan untuk menjelajahinya juga.

11. Bisa Berenang Ke Tepi Air Terjun

Jika kamu seorang musafir yang sangat berani, mungkin bisa menikmati berenang ke tepi Air Terjun di Kolam Setan bersama pemandu wisata. Ini bukanlah sesuatu yang harus dilakukan tanpa pertimbangan yang tepat, karena ini melibatkan berenang di Zambezi dan ketergantungan pada air untuk membawa kamu. 

Namun, begitu kamu mencapai tepinya, perasaannya menggembirakan. Anggap saja sebagai kolam renang tanpa batas terbaik di dunia! Kamu hanya dapat melakukan ini saat ketinggian air paling rendah, dari bulan September hingga Desember.

12. Banyak Hewan Liar Menyebutnya Rumah

Jika kamu bepergian ke Air Terjun Victoria, berhati-hatilah (dan bawalah kamera). Kamu akan memasuki habitat alami yang dipenuhi banyak hewan, termasuk banyak hewan “Lima Besar” yang sulit ditangkap di benua ini. 

Berhati-hatilah, buaya sangat umum ditemukan di wilayah ini. Ingat, bagian dari menghormati alam adalah menghargai bahwa kamu mungkin berada dalam bahaya. Selalu dengarkan saran pemandu lokal kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya