Serunya Kompetisi Mancing Ikan Tuna di Tanjung Lesung, Diikuti 200 Peserta

Tuna Game Fishing Competition di Tanjung Lesung.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Baru-baru ini, kota wisata alam terbesar berbasis laut terdekat dengan Jakarta, Tanjung Lesung menggelar kompetisi memancing ikan tuna. Acara bertajuk 'Tuna Game Fishing Competition' itu berjalan sukses dan diikuti oleh 63 tim dengan total jumlah peserta mencapai 200 orang. Kompetisi ini digelar untuk mendorong pariwisata di Banten.

Rekomendasi Destinasi Liburan Lebaran untuk Keluarga, 4 Wisata Pantai Menawan di Tanjung Lesung

Kegiatan tersebut dipusatkan di Pantai Lalassa, Tanjung Lesung yang memang terkenal kaya akan ikan tuna berukuran besar dengan berat 2 hingga 5 kilogram. Seluruh peserta pun tampak antusias mulai dari pukul 05.30-15.00 WIB. Hingga sore hari, seluruh pemancing berhasil membawa ikan tuna dengan berat di atas 3 kilogram dan beragam ikan lain yang tak kalah besar.

Rekomendasi Resort Mewah Dekat dari Jakarta untuk Liburan di Bulan Ramadhan

Dalam acara yang didukung sekaligus berkolaborasi dengan Kemenparekraf, HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) dan FORMASI (Federasi Olahraga mancing seluruh indonesia), menghasilkan 3 pemenang dengan ikan tuna terberat, dan 1 juara hiburan dengan kategori non tuna terberat. 

Juara pertama diraih oleh Piter dengan tangkapan ikan tuna sebesar 10,34 kilogram dan mendapatkan hadiah Rp5 juta, Juara 2  diraih Mustopa dengan hasil tangkapan ikan tuna sebesar 10,10 kilogram dan berhak mendapat hadiah Rp3 juta. Sedangkan juara 3 diraih oleh Wawan dengan hasil tangkapan ikan tuna sebesar 9.40 kilogram dan berhak mendapat hadiah Rp2 juta.

Relawan G4IS Sosialisasikan Program Prabowo-Gibran dengan Mancing Gemoy

Tuna Game Fishing Competition di Tanjung Lesung.

Photo :
  • Istimewa

Ada pula hiburan dengan kategori non tuna berhasil didapat oleh Ramin yang berhasil menangkap ikan layaran sebesar 15.28 kilogram dan berhak meraih hadiah Rp1 juta. 

"(Saya) happy, senang. Kami sendiri sering mancing di Tanjung Lesung. Dengan adanya lomba ini, kami dukung dan apresiasi," ujar Piter bersama timnya, dalam keterangannya, Selasa, 10 Oktober 2023.

Sementara itu, Widi Widiasmanto selaku Managing Director Tanjung Lesung mengungkapkan apresiasinya kepada berbagai pihak dalam acara kompetisi memancing tuna yang digelar 7 Oktober 2023 lalu ini.

Tuna Game Fishing Competition di Tanjung Lesung.

Photo :
  • Istimewa

"Terima kasih kepada semua pihak hingga acara bisa berjalan lancar dan antusiasme pemancing juga luar biasa," ucap Widi.

Lebih lanjut, Widi mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar kompetisi memancing tuna terus digelar setiap tahun. karena kompetisi ini memberikan dampak positif bagi Banten, khususnya bagi pariwisata di Pandeglang.

Tuna Game Fishing Competition di Tanjung Lesung.

Photo :
  • Istimewa

"200 peserta untuk acara perdana bukan angka yang sedikit, karenanya makin memotivasi kami untuk mengupayakan agar lomba mancing di Tanjung Lesung menjadi ajang tahunan," kata Widi.

Acara kompetisi tersebut ditutup dengan pertunjukan live music. Para peserta juga membawa souvenir menarik yang didukung oleh Kemenparekraf.

Sebagai informasi, Tanjung Lesung yang memiliki luas 1500 Ha merupakan kota wisata alam terbesar berbasis laut terdekat dengan Jakarta. Keunggulan Tanjung Lesung berasal dari keindahan pantai dan menawarkan banyak destinasi wisata alam dan aktivitas yang menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya