Hotel Heritage Ini Pernah Jadi Tempat Nginep Charlie Chaplin hingga Ir Soekarno

Bali Hotel.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

BALI – Hotel bergaya heritage yang bersejarah dengan bangunan-bangunan kuno masih bisa ditemui di tengah Kota Denpasar, Bali. Meskipun berada di tengah kota, hotel yang satu ini tak kalah memberikan kenyamanan karena lokasinya yang strategis dengan suasana nyaman yang dikelilingi oleh pohon-pohon rindang.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Hotel bersejarah ini, konon merupakan tempat yang sangat suka dipakai oleh Presiden pertama RI yakni Ir Soekarno. Semasa hidupnya, Soekarno beberapa kali datang untuk menginap di hotel ini. Ia juga selalu menginap di satu kamar yang sama yakni kamar nomor 77. Hotel apa itu? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

"Menurut sejarah, ada beberapa orang penting yang pernah menginap di hotel ini, termasuk Ir Soekarno dan beliau selalu menginap di kamar nomor 77," kata I Nyoman Yuda Wirawan, selaku General Manager Inna Bali Herritage Hotel, saat ditemui di Denpasar, Bali, Kamis 12 Oktober 2023.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Selain Ir Soekarno, ada juga pemimpin spiritual dan politikus dari India yakni Mahatma Gandhi. Sebelum menjabat menjadi presiden, Megawati Soekarno Putri juga pernah berkunjung ke hotel ini untuk bermalam. Tetapi ia tidak hanya menempati kamar yang sama seperti sang ayah, melainkan juga di beberapa kamar lainnya.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Lalu yang paling fenomenal adalah Charles Spencer Chaplin atau Charlie Chaplin, selama kurang lebih satu minggu seniman asal Inggris itu pernah melakukan perjalanan dari Jawa ke Bali dan menginap di pusat Kota Denpasar pada tahun 1938.

Charlie menempati kamar nomor 7 di hotel ini dan membuatnya terkenal sampai sekarang. Perjalanan Charlie Chaplin yang difilmkan saat itu menjadi promosi tersendiri untuk perkembangan pariwisata Bali di mata dunia.

Beberapa tokoh fenomenal itulah yang membuat hotel ini semakin dikenal oleh banyak orang. Sehingga sejumlah orang penting dari berbagai dunia pun tertarik untuk menginap di sini.

"Charlie Chaplin perjalanan dari Jawa ke Bali, nyebrang ke Singaraja lewat pelabuhan terus ke Denpasar. Jadi beliau keliling Bali sambil merayakan ulang tahun adiknya yang dirayakan di sini," jelas Yuda.

"Ada beberapa orang lagi, seperti pelukis dari Spanyol dan artis-artis karena ini adalah hotel bertaraf internasional pertama di Bali," imbuhnya.

Bali Hotel atau Inna Bali Heritage Hotel adalah hotel pertama di Bali yang dibangun pada tahun 1927 oleh pemerintah Belanda. Awalnya, hotel ini dibangun sebagai tempat persinggahan para awak kapal Perusahaan Pelayaran Belanda (KPM) yang berlabuh di Bali saat itu.

Adapun tamu negara dan pejabat penting yang pernah menginap di kamar suite atau di kamar nomor 77 di antaranya adalah Mahatma Gandhi, Jawaharal Nehru, Ir Soekarno, Megawati Soekarno Putri, dan sejumlah artis Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya