Perbedaan Gaya Liburan Turis Muda dan Lanjut Usia di Bali, Kamu Prefer Mana?

Gambar Ilustrasi, lokasi Pantai Canggu Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/

BALI – Pasca pandemi COVID-19 melanda negeri, pariwisata di Indonesia pun kembali pulih. Berbagai tempat wisata kembali diburu oleh turis lokal maupun mancanegara. Seperti yang terjadi di Pulau Dewata, Bali. Pulau yang terkenal dengan panorama pantai sangat indah ini sempat sepi pengunjung hingga sektor pariwisatanya terancam bangkrut akibat pandemi tiga tahun lalu. 

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Seiring berjalannya waktu, pariwisata di Bali akhirnya bisa kembali bangkit dibuktikan dengan kunjungan turis yang semakin meningkat. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Bali memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia. Banyak jenis tempat wisata yang bisa dijumpai di Bali mulai dari wisata alam, warisan budaya, hingga petualangan.

Bocah di Buleleng Bali Diduga Dicabuli Ayah Kandungnya di Kos-kosan

Rupanya, turis yang berkunjung ke Bali juga bisa dikelompokkan berdasarkan daerah-daerah yang suka mereka kunjungi. Bagi turis yang masih suka berpetualang, menikmati pemandangan indah sambil berkegiatan fisik seperti surfing di pantai, maupun menikmati malam dengan bersenang-senang di kafe dan bar, lebih banyak berkunjung ke kawasan pantai dengan ombak yang besar seperti pantai Kuta, Balangan, Canggu, dan lainnya.

5 Negara Asia Tenggara Diajak Thailand Terapkan Skema ala Visa Schengen

Sementara itu, wisatawan usia lanjut cenderung lebih suka suasana tempat yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk. Termasuk soal tempat menginap, turis usia lanjut biasanya mencari tempat yang tenang dengan suasana rumahan.

"Yang menginap di sini kebanyakan senior citizen. Biasanya mereka mencari ketenangan, menginap di hotel dengan suasana yang homey dan sepi," ungkap I Made Dwija Arsa, selaku Sales and Marketing Manager Hotel Inna Sindhu Beach, saat ditemui di Denpasar, Bali, Kamis 12 Oktober 2023.

Seiring meningkatnya angka kunjungan turis di Bali, lahir juga berbagai macam hotel dengan lokasi yang strategis. Tidak sedikit hotel yang mengusung tema budaya Bali dengan menerapkannya pada bentuk bangunan hingga ornamen-ornamen di dalamnya.

Tetapi menurut Dwija, penggemar hotel bernuansa tradisional lebih banyak diminati oleh turis asing dari pada turis dalam negeri sendiri. Ketertarikan turis asing terhadap budaya masyarakat Bali pun lebih tinggi dibandingkan dengan turis lokal.

"Mereka (turis asing) juga suka bangunan-bangunan hotelnya yang Bali banget. Kalau berdasarkan review, justru orang lokal kurang suka," katanya.

Suasana pantai yang cenderung lebih tenang dengan ombak yang sedang bisa ditemui di sekitar area Sanur. Ada beberapa pantai yang berjejer dan bisa ditempuh dalam sekali perjalanan, mulai dari Pantai Bangsal, Pantai Segara, Pantai Sindhu, Pantai Karang, dan banyak lainnya.

Berbeda dengan suasana di sekitar Pantai Kuta yang diramaikan dengan pengunjung untuk belajar surfing, pengunjung pantai di kawasan Sanur lebih suka berenang atapun berendam di pantai sambil berjemur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya