Jogja Cultural Wellness Festival Bakal Digelar Sepanjang November 2023

Bregada dan Warga Yogyakarta Kumpul di Tugu Jogja
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Yogyakarta – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) telah memulai persiapan "Jogja Cultural Wellness Festival 2023," yang akan berlangsung sepanjang November 2023. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Acara ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Kota Yogyakarta sebagai destinasi pariwisata kesehatan dan kebugaran (wellness tourism) di Indonesia.

Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno

Photo :
  • Kemenparekraf
Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif ini dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, pada Senin, tanggal 30 Oktober 2023.

“Ini konsepnya satu yaitu #SehatDanBugarDiIndonesiaAja sesuai dengan harapan kita. Semoga kegiatan ini dapat menjadi event reguler yang berkelanjutan,” ujar Sandiaga, dalam keterangan resminya, dikutip Rabu, 1 November 2023.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, menyatakan bahwa selain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kota Surakarta dan Bali juga termasuk dalam destinasi pariwisata kesehatan dan kebugaran (wellness tourism) Indonesia. 

Oleh karena itu, menurutnya, Yogyakarta perlu memiliki karakteristik uniknya sendiri agar dapat dibedakan dari kota-kota wellness tourism lainnya. 

“Akhirnya kami bergerak menetapkan bahwa wellness-nya Jogja berbasis dari budaya Mataram. Karena memang dari sejarahnya ada perjanjian jatisari dan perjanjian giyanti yang memisahkan dua Kerajaan. Dan Keraton Yogyakarta mendapatkan budaya lamanya. Mulai dari warna kain, tarian, memanah, dan lainnya,” kata Gusti Kanjeng.

Menparekraf/Kabaparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno

Photo :
  • Kemenparekraf

Menginspirasi dari latar belakang ini, Pemerintah DIY mempersembahkan Jogja Cultural Wellness Festival. Festival ini akan berlangsung selama akhir pekan sepanjang bulan November 2023 dan akan tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta. 

Diharapkan para pelaku atau komunitas di bidang pariwisata kesehatan dan kebugaran (wellness tourism) akan berpartisipasi. Melalui platform https://jogjatourismboard-online.globaltix.com/, mereka dapat menawarkan dan menjual berbagai program atau produk kesehatan dan kebugaran.

“Ikuti terus perkembangannya karena nanti setiap harinya akan ada program-program baru. Namun kuota terbatas karena wellness tidak bisa masif. Sehingga jangan sampai terlewatkan,” kata Gusti Kanjeng Ratu Bendara.

Puncak festival ini sendiri akan berlangsung pada tanggal 24 hingga 26 November 2023 dan akan menampilkan artis senior Anjasmara yang saat ini aktif sebagai instruktur yoga sebagai bintang tamu.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin, menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya menawarkan pengalaman yoga, meditasi, atau produk kesehatan dan kebugaran lainnya. Akan ada juga seminar, lokakarya, dan bahkan bazar.

“Sebagaimana arahan Mas Menteri, pariwisata ini dampaknya harus secara menyeluruh. Maka kita mendorong keterlibatan desa-desa yang ada di DIY menjadi venue dan juga menawarkan produk-produk welleness pada November ini,” kata Agustin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya