10 Negara Paling Diremehkan Wisatawan, Padahal Punya Surga Tersembunyi

Wisatawan Mancanegara. (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifesyle – Pariwisata telah berubah dari sekadar aktivitas nasional menjadi fenomena internasional dengan semakin banyaknya orang yang melakukan perjalanan jauh untuk mencicipi keindahan suatu daerah atau negara

Moeldoko Sebut Anak Muda Harus Paham Tata Kelola Negara

Sebagian besar negara, termasuk negara-negara miskin, memanfaatkan keindahan alam dan daya tarik lainnya untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan dan memfasilitasi pertumbuhan. Negara-negara seperti Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Cina, dan Spanyol menerima puluhan juta wisatawan setiap tahunnya. 

Namun, beberapa negara dengan potensi dan daya tarik lebih besar seperti Georgia, Iran, Lebanon, dan Sri Lanka tidak menerima pengunjung sebanyak yang seharusnya.

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Jika Anda mencari pengalaman perjalanan yang unik dan autentik, saatnya memperluas wawasan Anda yang tak tertandingi jalur. Jika berbicara tentang negara-negara yang diremehkan untuk dikunjungi, dunia ini penuh dengan permata tersembunyi yang sering luput dari perhatian wisatawan yang mencari petualangan berikutnya.

Destinasi wisata yang diremehkan ini mungkin tidak memiliki tingkat ketenaran yang sama dengan negara tetangga atau kota-kota besar, namun destinasi ini menawarkan beragam bentang alam, alam yang menakjubkan, pantai yang indah, dan pengalaman tak terlupakan yang sering diabaikan oleh wisatawan.

Prabowo Dikabarkan Ingin Bentuk 40 Kementerian, Gerindra: Bukan Bagi-bagi Jatah Parpol

Berikut adalah beberapa negara yang paling diremehkan bagi wisatawan dan alasan mengapa mereka diremehkan seperti dilansir dari Worldatlas.com;

10. Iran

Lokasi wisata di Iran

Photo :

Iran memiliki pemandangan menakjubkan dan sejumlah Situs Warisan Dunia yang menjadikan negara ini salah satu permata pariwisata tersembunyi di Asia. Perjalanan ke Iran selalu lebih dari sekedar liburan tapi penemuan keindahan yang tak dihargai. Sejarah kuno, populasi yang dinamis, budaya, dan makanannya menambah daftar daya tarik utama di negara ini.

Namun, perang selama beberapa dekade, sikap anti-Afrika Barat yang keras, penangkapan orang secara acak, dan peraturan ketat yang mewajibkan semua perempuan, termasuk orang asing untuk menutup kepala, telah menyebabkan rendahnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut. Dengan pencabutan sebagian besar sanksi oleh negara-negara Barat, industri pariwisata Iran diperkirakan akan pulih dalam dekade berikutnya.

9. Slovenia

Wisata indah di dunia

Photo :
  • Worldatlas.com

Slovenia menawarkan beragam bentang alam yang sesuai dengan wilayah tradisionalnya. Ibu kota Ljubljana terkenal dengan bangunan-bangunan penting bergaya Barok dan Art Nouveau. Atraksi penting lainnya di negara ini termasuk Julian Alps, Lembah Soca, Gunung Triglav, dan Gua Postojna yang merupakan atraksi yang paling banyak dikunjungi di Slovenia.

Tantangan restrukturisasi sektor pariwisata, privatisasi hotel, infrastruktur yang buruk, dan kurangnya agen perjalanan yang memadai telah membuat banyak wisatawan enggan mengunjungi negara ini. Namun, dengan pengembangan pariwisata berkelanjutan yang dilakukan pemerintah Slovenia, terdapat tren peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut sejak tahun 2012.

8.Georgia

Ilustrasi pendaki.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pariwisata adalah sektor penting dalam perekonomian . Negara ini bergantung pada pariwisata internasional yang telah berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2016, Georgia menerima sekitar 6,3 juta pengunjung, sebagian besar dari negara tetangga. Namun, negara ini mempunyai potensi besar untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Dari Situs Warisan Dunia di Mtskheta hingga museum dan taman nasional, Georgia memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjungnya. Olah raga umum yang bisa dinikmati pengunjung antara lain ski, snowboarding, dan speed riding. Lanskap nasional dan kawasan lindung Georgia menawarkan berbagai layanan seperti mengamati burung dan hiking. Namun, sektor pariwisata Georgia belum sepenuhnya pulih dari nasihat perjalanan yang diberlakukan pada tahun 2008 selama dan setelah Perang Rusia-Georgia. 

7. Laos

Wisatawan Laos

Photo :
  • Worldatlas.com

Pariwisata adalah sektor dengan pertumbuhan tercepat dalam perekonomian . Sektor ini diawasi oleh Administrasi Pariwisata Nasional Laos. Dengan hutannya yang lebat, banyaknya gua batu kapur, dan saluran air yang tiada habisnya, Laos menjadi destinasi impian bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk aktivitas kota.

Pemandangan alam Laos berubah warna menjadi hijau seperti bunglon sehingga menarik untuk disaksikan. Pencinta alam dapat menikmati sisi liar negara ini dan melihat hewan-hewan eksotis seperti gajah, sementara pecinta budaya dapat menjelajahi kuil kuno dan merasakan kehidupan spiritual Laos. Negara ini juga masih mempertahankan sebagian besar tradisinya yang telah hilang seiring dengan perkembangan di wilayah lain. 

6. Angila

Ilustrasi pantai.

Photo :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

Anguilla adalah salah satu “surga” yang kurang dikenal di bumi. Ia memiliki segalanya mulai dari pantai berpasir putih yang indah hingga air biru kehijauan, angin sepoi-sepoi, dan teluk yang indah. Pulau ini didominasi oleh suasana santai yang menawarkan laju kehidupan yang lebih lambat.

Anguilla memiliki sejarah yang kaya dan beragam sejak pemukiman suku Amerindian dan Arawak yang meninggalkan jejak seni cadas yang masih ditemukan di situs-situs seperti Taman Nasional Fountain Cavern. 

5. Libanon

Libanon secara historis merupakan komponen penting dalam perekonomian lokal. Meskipun Beirut dianggap sebagai “Paris di Timur Tengah”, Perang Saudara Lebanon mengurangi statusnya di benua tersebut. Namun, suasana yang beragam dan sejarah kuno Lebanon menjadikannya tujuan penting.

Menawarkan banyak Reruntuhan Romawi kuno, gereja bersejarah, dan pantai yang indah. Wisatawan yang berkunjung ke negara ini juga mempunyai kesempatan untuk menikmati kehidupan malam yang semarak dan kuliner terkenal di dunia. Kembalinya perdamaian dan stabilitas di negara ini dapat membuka pintu bagi lebih banyak wisatawan dan pengembangan sektor pariwisata. 

4. Bolivia

Kereta gantung ditengah perkotaan di La Paz, Bolivia

Photo :
  • flickr

Bolivia adalah salah satu negara tertinggi dan terpencil di dunia. Namun, tempat ini menawarkan perpaduan beragam pengalaman budaya multi-etnis, pemandangan indah, dan petualangan ekstrem. Danau Titicaca adalah rumah bagi resor mewah yang merupakan tempat liburan sempurna bagi keluarga.

Dataran garam Uyuni adalah salah satu yang terbesar di dunia. Atraksi lain di Bolivia antara lain Taman Nasional Madidi yang membentang dari Andes hingga Amazone, Jalan Yungas yang dianggap paling berbahaya di dunia, Tiwanaku, dan Carnaval de Oruro, salah satu acara budaya paling populer di Amerika Selatan.

3. Uzbekistan

Kalyan Minaret di Uzbekistan

Photo :
  • www.altasobscura.com

Uzbekistan memiliki potensi pariwisata yang besar, memiliki beberapa kekayaan sejarah, arkeologi, dan alam. Pariwisata budaya telah berkembang pesat di negara ini sejak kemerdekaan dengan Samarkand, Bukhara, dan Khiva menjadi tujuan utama. Aktivitas di Uzbekistan berkisar dari aktivitas luar ruangan seperti eksplorasi kekayaan sejarah agama dan arkeologi serta panjat tebing.

Uzbekistan memiliki salah satu iklim paling menguntungkan di Asia Tengah. Pecinta gunung dapat menikmati pendakian gunung dan panjat tebing di puncak Great Chimgan di Chatkal Range.

2. Sri Lanka

Bandara Internasional Mattala Rajapaksa, Sri Lanka

Photo :
  • nine

Pantainya yang tiada habisnya, budayanya yang beragam, ombaknya yang bergulung-gulung, dan makanannya yang lezat menjadikan Sri Lanka tak tertahankan. Kebudayaan Sri Lanka yang berusia lebih dari 200 tahun dapat ditemukan di situs-situs kuno di mana kuil-kuilnya memiliki detail yang luar biasa. Pengunjung yang ingin melepaskan diri dari iklim tropis pesisir dapat menikmati suhu sejuk di perbukitan sambil mengagumi hamparan hijau tak berujung.

Terdapat perkebunan teh dan puncak hutan hujan di beberapa bagian negara yang menawarkan jalur pendakian yang menguntungkan. Sri Lanka memiliki pantai-pantai putih mempesona yang mengelilingi pulau. Taman nasional di negara ini adalah rumah bagi macan tutul, kerbau, dan beberapa spesies burung.

1. Madagaskar

Taman Nasional Tsingy de Bemaraha, Madagaskar

Photo :
  • Twitter @AfricaFactsZone

Meskipun pariwisata memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, sektor ini masih terbelakang. Negara ini telah terisolasi dari daratan Afrika selama lebih dari 150 juta tahun, sehingga memungkinkan satwa liar berevolusi dalam isolasi. Madagaskar adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia, menjadikannya tujuan wisata satwa liar dan ekowisata internasional. Satwa liar dan hutan endemik menawarkan daya tarik yang unik.

Flora dan fauna yang unik dipadukan dengan lanskap epik dengan keanekaragaman luar biasa termasuk hutan hujan dan gurun. Madagaskar telah menjadi tempat perpaduan budaya bagi berbagai imigran dari Samudera Hindia, yang berkembang menjadi serangkaian kepercayaan dan ritual yang rumit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya