10 Tempat Wisata Hits Semarang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Kota Lama Semarang
Sumber :
  • VIVA/ Joko Sutrisno/ Semarang

SEMARANG – Masa libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru selalu jadi momen pas keluarga untuk berlibur bersama. Sejak  Sabtu 23 Desemner 2023, sejumla tempat-tempat wisata sudah ramai pengunjung. Termasuk juga tempat-tempat wisata di Semarang juga ramai dengan rombongan wisatawan baik lokal maupun daerah lainnya. 

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Kota Semarang menjadi salah satu yang menjadi destinasi para pelancong karena punya banyak tempat wisata, dari wisata alam, religi, heritage, hingga wisata kuliner.

Merujuk data Dinas Pariwisata Kota Semarang, kawasan heritage Kota Lama bakal menjadi magnet utama wisatawan yang menikmati liburan di Kota Lumpia ini. Selain gratis, wisatawan juga bisa menikmati pesona kota tua dengan bangunan-bangunan abad 18 yang bergaya Eropa. Apalagi Kota Lama sudah ditata sedemikian rupa sehingga seperti suasana di Belanda tempo dulu.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Kawasan Kota Lama Semarang yang dikunjungi lagi setelah berstatus PPKM level 2.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)
KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Berdasarkan data periode Nataru tahun 2023 lalu, Kota Lama mencatat kunjungan sebanyak 30.195 orang. Angka ini didapat dari data kunjungan periode 23 Desember 2022 - 3 Januari 2023.

Dengan angka kunjungan sebanyak itu, Kota Lama menjadi destinasi paling diminati dibanding destinasi wisata lain di Kota Semarang. Untuk Nataru tahun ini diperkirakan Kota Lama tetap menjadi magnet dengan peningkatan pengunjung sekitar 40 ribu orang.

Lawang Sewu aset milik PT KAI di Semarang Jawa Tengah.

Photo :
  • Dok. PT KAI

Secara total, pengunjung ke berbagai destinasi wisata di Kota Semarang pada periode Nataru tahun lalu ada sebanyak 140.913 orang. Untuk periode Nataru 2023/2024 ini, jumlah wisatawan diprediksi meningkat 6% dari tahun lalu atau sekitar 150 ribu orang.

Berikut 10 destinasi wisata yang menjadi tujuan favorit kunjungan pada periode Nataru.

10 destinasi pengunjung terbanyak
1. Kota lama
2. Gedung Lawangsewu
3. Wisata Sam Poo Kong
4. Semarang zoo
5. Pantai Marina
6. Goa Kreo
7. Nirwana stable
8. Manunggal Jati
9. Masjid Agung Jateng
10. Taman lele

Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya