1,7 Juta Wisatawan Diprediksi Liburan ke Yogyakarta Selama Lebaran 2024

Tugu Pal Putih ikon Kota Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta – Sekitar 11,7 juta pemudik diprediksi akan masuk ke wilayah DIY selama masa Libur Lebaran 2024. Angka 11,7 juta ini meliputi pemudik yang ingin bersilaturahmi maupun yang akan berwisata di DIY.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi di Waktu Liburan

Plh Kepala Dinas Pariwisata DIY Anita Verawati menyebut dari angka 11,7 juta ini, 15 hingga 18 persennya akan berwisata di DIY. Dari perkiraan prediksi ini sekitar 1,5 juta sampai 2 juta pemudik akan menghabiskan Libur Lebarannya dengan berwisara di DIY.

Jalan Malioboro, kawasan wisata legendaris di Yogyakarta

Photo :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)
Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

"Tahun kemarin 1,6 juta (wisatawan) dengan 8 hari libur. Kita prediksi tahun ini naik karena liburnya semakin panjang dan aksesnya semakin bagus. Kalau bisa tercapai 1,7 juta ya bagus," kata Anita, Rabu 3 April 2024.

Selain menargetkan penambahan jumlah wisatawan selama masa Libur Lebaran 2024, Anita juga berharap waktu kunjungan di DIY juga meningkat. Pada Lebaran 2023 rata-rata wisatawan menghabiskan 1,5 hari di DIY.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Anita menjelaskan target di Lebaran 2024, lama tinggal wisatawan di DIY akan naik menjadi 2 hari. Target ini optimis bisa dicapai karena masa libur Lebaran 2024 lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya.

Tak hanya menargetkan lama kunjungan lebih panjang, Anita juga menerangkan pihaknya menginginkan angka spending money atau belanja wisatawan di DIY mengalami kenaikan.

Anita menambahkan pihaknya menargetkan setiap wisatawan bisa menghabiskan uang atau berbelanja hingga mencapai Rp 2 juta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya