Wisatawan yang Hendak ke Sabang Membeludak di Pelabuhan Ulee Lheue

Antrean kendaraan yang ingin menyebrang ke Pulau Sabang untuk berwisata. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

VIVA – Memasuki masa libur lebaran 2024, wisatawan yang hendak menyeberang ke Pulau Sabang, Aceh mulai membeludak di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh. Bahkan kendaraan mengantre hingga ke luar area pelabuhan.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Pantauan di lokasi, Jumat, 12 April 2024 rata-rata wisatawan didominasi oleh warga Sumatera Utara yang hendak pelesiran ke Pulau Weh. Antrean panjang kendaraan ini sudah terjadi sejak H+2 lebaran.

Sebagian pengendara roda empat juga terpaksa meninggalkan dan memarkirkan kendaraan mereka di sisi kanan pintu masuk Pelabuhan Ulee Lheue untuk berangkat ke Sabang tanpa membawa kendaraan.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Petugas keamanan juga menerapkan nomor antrean masuk ke dalam pelabuhan bagi kendaraan yang ingin menyeberang. Sebab, di area parkir pelabuhan sudah penuh.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyebutkan, sebagian antrean panjang kendaraan di luar pelabuhan yang hendak ke Sabang itu sudah masuk dalam buffer zone untuk naik ke kapal.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Sementara bagi mereka yang hendak menitipkan kendaraan juga disediakan di sisi kanan area luar pelabuhan yang dapat menampung 300 kendaraan roda empat.

"Bila penuh di dalam di luar sebelum Kampung Jawa juga sudah di siapkan (area parkir penitipan kendaraan), dapat menampung 300 kendaraan," kata Iqbal.

Selain itu, berdasarkan data manifes sejak tanggal 3 hingga 11 April 2024 kemarin, tercatat sebanyak 10.003 orang sudah menyeberang ke Kota Sabang. Sedangkan sepeda motor sebanyak 2.050 unit dan mobil 580 unit.

“Kendaraan antri parkir masuk dalam Buffer Zone mengantri naik ke Kapal Roro ke Kota Sabang dan Tripnya sudah ada. Semua kendaraan dapat terangkut karena info dari Dinas Perhubungan ada penambahan Trip kapal Roro sampai waktu malam,” katanya.

Pihak Pelabuhan Ulee Lheue juga menambah jadwal keberangkatan kapal saat libur lebaran menjadi 5 trip keberangkatan untuk Kapal Aceh Hebat 2 dan BRR. Kemudian 4 trip untuk kapal cepat.

Pihaknya memprediksikan lonjakan wisatawan yang menyeberang ke Sabang akan terus terjadi hingga H+4 lebaran tepatnya pada Sabtu, 13 April besok. Sedangkan arus balik wisatawan diperkirakan terjadi H+5 dan H+6 lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya