Drama Pembajakan Kapal Tanker Malaysia Berakhir Ironis

Kapal tanker Malaysia MT Orkim Harmony
Sumber :
  • KBRI Kuala Lumpur Malaysia
VIVA.co.id
Perangi Pembajak, RI dan Malaysia Bentuk Tim Satgas Patroli
- Sebanyak 21 kru kapal tanker Malaysia MT Orkim Harmony akhirnya bisa menarik nafas lega begitu kapal bersandar di Pelabuhan Kuantan pada Sabtu, 20 Juni 2015 sekitar pukul 07.50 waktu setempat. Mereka baru saja melalui peristiwa mencekam usai 13 orang perompak membajak kapal tanker bermuatan BBM RON 95 itu. 

WNI Pembajak Tanker Malaysia Dipindah ke Hanoi
Panglima Angkatan Laut Malaysia, Laksamana Pertama Azhari Abdul Rashid mengatakan ke-21 kru dalam kondisi baik dan bersemangat. Berbicara di acara jumpa pers, Azhari menyebut jadwal ketibaan kapal tersebut sempat mengalami penundaan. Seharusnya, kapal dijadwalkan tiba dini hari sekitar 02.30, tetapi baru bersandar pukul 07.50 waktu setempat. 

Kapal Pengangkut Perompak MT Okrim Harmony Ditemukan
"Semua kru dalam keadaan selamat dan mereka sudah tak sabar untuk bertemu dengan anggota keluarga. Operasi secara keseluruhan telah berlangsung dengan sukses, sementara delapan pembajak telah ditangkap oleh otoritas Vietnam," kata Azhari seperti dilansir laman The Star edisi Sabtu pekan lalu. 

Dua pembajak diketahui telah menembak salah satu ABK Indonesia bernama Mawit Martin yang bekerja sebagai koki di kapal tersebut. Saat tiba di Kuantan, Mawit masih dirawat di rumah sakit di Kota Bahru. Tetapi, belakangan, akhirnya dia ikut diterbangkan ke Kuantan untuk dimintai keterangan. 

Wakil Duta Besar RI untuk Kerajaan Malaysia, Hermono, yang dihubungi VIVA.co.id pada Minggu kemarin menyebut tidak ada raut trauma yang tercermin dari wajah lima ABK Indonesia kendati baru mengalami peristiwa yang menegangkan. 

"Kemarin (mereka) masih bekerja seperti biasa. Bahkan, salah satu ABK bernama Nathan Kombongan langsung menyatakan siap kembali bekerja. Sementara, empat ABK lainnya masih berpikir dulu," kata Hermono yang ikut menemui ABK WNI di pelabuhan. 

Menurut Hermono, Mawit tertembak di bagian paha di awal peristiwa pembajakan. Dia berusaha untuk menguasai kapal. 

Namun, kru kapal tak berdaya melawan belasan perompak. Selain jumlahnya cukup banyak, mereka juga membawa pistol dan parang. 

Hermono mengatakan kondisi Mawit kini sudah membaik. Bahkan, dia sudah bisa berjalan dan bekerja seperti biasa. 

Dia mengisahkan ketika perompak naik ke atas kapal sama sekali tidak terdeteksi oleh radar kapal tanker. Muatan kapal yang banyak dan posisi kapal yang tidak terlalu tinggi, membuat perompak mudah untuk naik dan memanjat ke atas. 

"Perompak datang dengan menggunakan kapal sampan kayu dan mesin kapal. Ketika mereka berhasil naik ke atas, mesin kapal tersebut ikut dibawa," papar Hermono. 

Suasana pun mencekam ketika perompak berhasil naik ke atas kapal. Mereka sempat mengikat tangan ke-22 kru dan menempatkan kru kapal di tiga kamar terpisah. 

"Dalam peristiwa itu, penyiksaan fisik tidak terjadi. Mereka tetap diberi makan dan minum. Sesekali, perompak membentak kru kapal, tetapi itu dilakukan agar kru patuh," Hermono menjelaskan. 

Kapal yang tengah mengangkut muatan BBM milik Petronas itu kemudian menghilang dari radar. Tidak tanggung-tanggung nominal BBM yang dibawa MT Orkim Harmony senilai 21 juta Ringgit Malaysia atau setara Rp75 miliar. Angkatan Laut Malaysia menerima laporan menghilangnya kapal pada 11 Juni lalu di kawasan Laut China Selatan. 

Kapal dilaporkan hilang kontak sekitar pukul 20.54 waktu setempat ketika menjalani rute Malaka-Kuantan. Lokasi terakhir hilang kontak terdeteksi pada 23,5 nautical mile, timur laut Tanjung Sedili. 

Sementara, di atas kapal, terjadi perdebatan antara para perompak sendiri. Mereka terlihat kecewa karena kapal yang semula ingin mereka bajak membawa muatan BBM RON 95 atau pertamax plus bukan diesel. 

Hermono mengatakan, sudah menjadi pengetahuan umum di antara para pembajak, BBM RON 95, sulit untuk dipindahkan di tengah laut. Sebab, mudah terbakar dan membutuhkan peralatan keselamatan yang tinggi jika ingin memindahkan ke kapal lain. 

"Bahan bakar diesel masih bisa dijual ke kapal lain. Sementara, RON 95 sulit dijual," Hermono menambahkan. 

Maka, terjadi perdebatan di antara para pembajak hendak dibawa ke mana kapal diarahkan. Saat perdebatan itu, kru kapal mendengar dari cara mereka berkomunikasi aksennya mirip orang Indonesia. Muncul kecurigaan pembajak merupakan WNI.

Kapal sempat akan diarahkan ke Thailand, karena di sana, disebut BBM RON 95 bisa dijual. Namun, mereka malah mengarahkan kapal ke Pulau Natuna. 

Perburuan terhadap kapal MT Orkim Harmony dimulai sejak hari pertama dilaporkan hilang. Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) dan Otoritas Maritim Malaysia dibantu Maritime Security Task Force Singapura serta TNI AL bahu-membahu melakukan pencarian kapal tersebut. 

Indonesia bahkan mengirimkan lima kapal dan satu pesawat udara untuk menyisir perairan di sekitar Laut China Selatan. Pada 15 Juni muncul "distress signal" mengenai kapal itu. Laman Astrowani menyebut kapal terdeteksi oleh pesawat buatan Australia P3 C-Orion pada Rabu, 17 Juni 2015. 

Kapal ada di perairan Kamboja. Laksamana Pertama Azhari menyebut nama kapal telah diganti menjadi KIM HARMON agar tak dikenali. 

Salah satu kapal Angkatan Laut Kerajaan Malaysia, KD Terengganu terlihat membuntuti dari belakang dan mencoba melakukan kontak dengan kapten kapal. Menyadari dibuntuti, pembajak kemudian mengarahkan kapal ke Pulau Natuna. 

Pembajak kemudian menuntut agar Malaysia menyediakan kapal penyelamat supaya mereka bisa kabur. 

"Kami tengah bernegosiasi dengan mereka. Jarak antara kami dan kapal mereka tidak begitu jauh. Kami tetap menjaga pandangan dari kejauhan dan memantau pergerakan mereka," ujar Direktur Operasi Organisasi Penjaga Perbatasan Malaysia (MMEA), Laksamana Ahmad Puzi Ab Kahar seperti dikutip stasiun berita Channel News Asia, Kamis 18 Juni 2015. 

Tetapi, justru pada Kamis malam itu, pembajak berhasil melarikan diri. Mereka kabur dengan menggunakan sekoci penyelamat yang dimiliki kapal tanker. Agar tak mudah ditangkap, pembajak menggunakan mesin kapal untuk memacu kecepatan. 

Kapten kapal mengaku, usai pembajak kabur pun, mereka tetap tidak berani langsung mengontak otoritas berwenang. Sebab, pembajak mengancam jika dilaporkan, keluarga mereka akan dibunuh. 


Pembajak Warga Indonesia

Delapan pembajak yang berhasil kabur dari kapal MT Orkim Harmony akhirnya ditangkap oleh Angkatan Laut Vietnam di Pulau Tho Chu pada Jumat, 18 Juni 2015 sekitar pukul 06.30. Kepada otoritas setempat, mereka sempat mengaku nelayan dan kapalnya mengalami kecelakaan sehingga bisa terdampar. 

Tak percaya begitu saja dengan pengakuan delapan pria itu, AL Vietnam tetap menangkap mereka. Belum lagi, mereka telah diberikan informasi oleh otoritas Negeri Jiran, jumlah pelaku pembajakan delapan orang dan kabur menggunakans sekoci penyelamat. 

Otoritas Vietnam pun terus memintai keterangan dari kedelapan orang itu. Pengakuan kedelapan orang itu akhirnya berubah. Laksamana Ahmad Puzi menyebut delapan orang itu mengaku berasal dari Indonesia dan pembajak MT Orkim Harmony. 

Merasa memiliki kepentingan, Malaysia menuntut agar kedelapan orang itu agar segera dideportasi ke Kuala Lumpur. Negeri Jiran berpendapat, kedelapan orang itu melakukan tindak kejahatan di kapal milik Malaysia. Jadi, harus diadili di Negeri Jiran. 

Konsul Jenderal RI di kota Ho Chi Minh, Vietnam, Jean Anes, mengatakan mereka tak ingin terburu-buru menyimpulkan kedelapan orang itu WNI. Oleh sebab itu, sesuai dengan instruksi Menteri Luar Negeri, Retno L.P Marsudi, dikirim satu tim untuk melakukan klarifikasi. 

Belakangan, dari delapan, tiga orang terbukti merupakan WNI. Jean menyebut tiga orang ini membawa data diri berupa paspor dan KTP. Ketiga orang itu diketahui bernama Ruslan berasal dari Natuna, Jhon Danyel Despol dari Sumatera Utara dan Kurniawan dari Batam. 

"Identitas Ruslan dan Jhon diketahui dari paspor Indonesia yang mereka bawa. Sementara, identitas Kurniawan diperoleh karena yang bersangkutan membawa KTP," kata Jean ketika dihubungi VIVA.co.id pada Minggu kemarin melalui telepon. 

Perkembangan terakhir sisa lima orang lainnya juga warga Indonesia. Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan pada Rabu kemarin, tim verifikasi dari KJRI telah bertemu dengan delapan tersangka. 

"Setelah melalui pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang kami terima seperti pengecekan alamat tempat tinggal, maka bisa dipastikan lima orang lainnya memang WNI," ujar Iqbal yang dihubungi VIVA.co.id melalui telepon. 

Iqbal melanjutkan Pemerintah Indonesia telah menyiapkan bantuan hukum termasuk pengacara untuk memenuhi hak hukum kedelapan WNI. Rencana alternatif juga disiapkan seandainya Vietnam setuju untuk mendeportasi delapan tersangka itu ke Negeri Jiran. 

"Upaya hukum sudah kami lakukan dari sekarang. Kami siapkan  pengacara untuk memastikan mereka memperoleh haknya, mendapatkan pembelaan untuk hak hukum mereka, tanpa mengesampingkan fakta bahwa mereka telah melakukan tindak kriminal," papar Iqbal. 

Dia menambahkan, terkait dengan tuntutan Negeri Jiran yang menginginkan kedelapan tersangka dipulangkan ke Kuala Lumpur, Iqbal mengatakan hal tersebut bisa saja dilakukan. Sebab, kejahatan yang mereka perbuat dilakukan di atas kapal milik Malaysia. 

Tetapi, Iqbal menjelaskan, Indonesia pun juga memiliki hak untuk mengadili delapan tersangka itu, sebab ada satu WNI yang terluka ketika pembajakan dilakukan di atas kapal MT Orkim Harmony. 

"Pelaku pun juga sempat melalui perairan Indonesia sebelum akhirnya mereka kabur ke Vietnam. Jadi, siapa saja bisa meminta ekstradisi kepada Vietnam, baik itu Malaysia atau Indonesia," kata dia. 

Bukan Pembajak Amatir

Kasus pembajakan ini berkembang cepat. Direktur Operasi Organisasi Penjaga Perbatasan Malaysia (MMEA), Laksamana Ahmad Puzi Ab Kahar pada Senin kemarin mengatakan jumlah pembajak bukan 8 orang, melainkan 13 orang. Sisa 5 orang lainnya diketahui kabur dengan menggunakan kapal jenis tugboat ke Batam. 

Laman The Star, Senin 22 Juni 2015, melansir kapal yang digunakan pembajak ditemukan oleh TNI AL. 

"Saat ini masih ada lima orang yang masih kabur. Sementara waktu, kami akan terus berupaya untuk memastikan delapan pelaku lainnya di Vietnam untuk diekstradisi ke Malaysia sehingga kami bisa memintai keterangan lebih lanjut," kata Ahmad.

Malaysia kembali mengoreksi pernyataan mereka. Jika sebelumnya, Komandan AL Malaysia, Laksamana Abdul Aziz Jaafar mengatakan pembajak merupakan kelompok amatir, tetapi Ahmad mengatakan mereka justru tergolong pembajak profesional. Pelaku mengetahui tindakan lebih dari apa yang sanggup mereka perbuat. 

"Jika melihat bagaimana cara mereka melakukan pembajakan, mematikan Sistem Identifikasi Otomatis (AIS) sehingga mereka bisa tak terdeteksi, serta bagaimana mereka ditemukan membawa uang dalam jumlah banyak di atas kapal, menunjukkan mereka tahu apa yang mereka perbuat," papar Ahmad. 

Dia berkesimpulan pembajak merupakan pelaku tindak kejahatan musiman. 


Rawan Pembajakan 

Kasus pembajakan kapal MT Orkim Harmony menjadi contoh betapa tindak kejahatan trans nasional itu kian meningkat. Biro Maritim Internasional (IMB) yang berbasis di London telah berulang kali memperingatkan perairan di kawasan Asia Tenggara telah menjelma menjadi salah satu titik paling rawan aksi pembajakan di seluruh dunia. Hal tersebut tak mengherankan, karena banyak kapal dagang lalu lalang di perairan Asia Tenggara, misalnya di kawasan Selat Malaka antara Malaysia dengan Indonesia.

Mereka menyebut perompak kini kian mengincar kapal tanker yang tengah berlayar menuju ke pulau-pulau kecil. Bahkan, setiap dua pekan sekali ada saja aksi pembajakan. 

Stasiun berita Channel News Asia, Kamis pekan lalu mencatat pembajakan terhadap kapal MT Orkim Harmony menjadi insiden kelima yang terjadi tahun di perairan Laut China Selatan yang dekat dengan tepi pantai Malaysia. Para pembajak biasanya menyasar kapal tanker yang berjalan dengan kecepatan lambat. Biasanya target mereka yakni mencuri bahan bakar diesel dan premium. 

Para pembajak bersenjata melakukan tindak kejahatannya dengan modus menguasai kapal lalu menyedot muatan kargo korban yang berisi gas cair atau diesel. Kemudian, pembajak melepaskan kapal tanker dan kru. 

Kurang dari dua pekan lalu, kapal lainnya yang dimiliki oleh Perusahaan Orkim, Orkim Victory, juga dibajak di lokasi yang sama dan tengah menempuh rute serupa yakni Malaka menuju ke Kuantan. Reuters melaporkan kapal Orkim Victory baru dilepas usai pembajak berhasil menyedot sekitar 6.600 barel minyak diesel di kargonya. 

Aksi pembajakan di Asia Tenggara kian meningkat. Sebagai catatan IMB pada periode Januari hingga Maret terjadi 38 pembajakan atau 70 persen aksi pembajakan di seluruh dunia. Oleh sebab itu, banyak yang khawatir tindak kejahatan itu kian meluas jika tak segera ditangani. 

Aksi pembajakan sebelumnya bisa dikurangi secara signifikan pada dekade lalu. Tetapi, tindak kejahatan itu kini muncul kembali dan butuh penanganan khusus dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya