Wisata Si Pemberani

Kunjungan Wisatawan Bromo
Kunjungan Wisatawan Bromo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Travel is never a matter of money, but of courage.

Kutipan terkenal di atas mungkin tak berlaku bagi mereka yang gemar wisata bergaya fancy, seperti glamping atau menginap di hotel bintang lima dengan segudang fasilitas mewah. Tak perlu keberanian dan nyali besar untuk bersantai dan berleha-leha di resor internasional. Semua orang yang punya uang bisa melakukannya. Tapi tidak dengan jenis wisata satu ini, wisata petualangan.

Butuh keberanian dan  tekad untuk melakukannya. Bagaimana tidak, wisata petualangan lebih banyak menguras tenaga dan mengharuskan Anda menjelajahi medan yang berat. Sebut saja turun gunung dengan menaiki sepeda, arung jeram, paralayang, panjat tebing dan masih banyak lagi. Ya, deretan aktivitas ekstrem ini yang membuat wisata petualangan jauh lebih menarik, menantang dan memacu adrenalin.

Kegiatan yang berhubungan dengan petualangan memang seringkali berisiko, penuh dengan tantangan atau sesuatu yang tidak pasti. Nah, dalam kegiatan wisata, petualangan dirancang dengan tantangan, namun tetap melibatkan proteksi keselamatan dan dibuat sedemikian rupa agar memiliki suasana yang menggembirakan.

Wisata petualangan terbagi menjadi dua, yakni yang penuh tantangan dan yang lebih menitikberatkan pada fun atau kegembiraan saja. Meski begitu, pada dasarnya, lewat wisata petualangan, beragam tantangan ditawarkan untuk merangsang adrenalin pengunjung. Jenis atau pilihan dari wisata petualangan ini juga beragam, mulai dari menyelam hingga mendaki ketinggian.

"Wisata petualangan itu lebih memacu adrenalin dan banyak tantangan, lebih terasa berkesan. Destinasinya juga lebih alami dan memiliki pemandangan yang bagus banget, yang punya keunikan dan kekhasan tersendiri. Walaupun untuk mengeksplornya itu butuh tenaga ekstra," ujar Nini Irianti, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) berusia 33 tahun yang hobi berwisata petualangan saat diwawancara VIVA baru-baru ini.

Wisata Gunung Bromo