Geliat Jalur Kereta Nusantara

Pekerja menyelesaikan penggantian bantalan rel kereta api di jembatan Kleringan, Kota Baru, DI Yogyakarta
Pekerja menyelesaikan penggantian bantalan rel kereta api di jembatan Kleringan, Kota Baru, DI Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

VIVA.co.id – Seunit alat bor raksasa berwarna hijau tosca terparkir di bahu jalan. Bodinya yang besar hampir menutup separuh badan jalan. Bor raksasa itu dibiarkan teronggok menancap bersama tumpukan tanah. Debu pekat bertebaran nyaris memburamkan kaca ruang kemudi.

Beberapa batang besi kanal besar juga dibiarkan tergeletak membujur di pinggiran jalan, bersebelahan dengan tumpukan besi pondasi. Di depannya, ada crane raksasa yang terparkir, menggantung sebuah mesin genset las.

Tidak ada kegiatan berarti di proyek pembangunan jalur kereta api dwi ganda atau Double-Double Track (DDT) lintas Manggarai-Jatinegara, di Matraman Raya, Jumat, 9 Juni 2017. Hanya terpantau alat berat, gundukan tanah dan besi-besi yang berserakan. Para pekerja pun terlihat santai memainkan bidak catur.

Para pekerja sudah ramah dengan suara klakson kendaraan yang saling serobot terjebak macet, bercampur bisingnya suara kereta api yang melintas di sekitaran Matraman.

Keberadaan proyek DDT ini ibarat dua sisi mata uang. Di satu sisi untuk meningkatkan kualitas layanan jalur kereta api, tapi di sisi lain, proyek ini menggerus sebagian jalan yang berimbas pada kemacetan. Tanpa ada proyek ini pun, Matraman adalah satu dari sekian daerah langganan macet di Ibu Kota.

Hari itu, dua unit alat berat memang tidak sedang beroperasi. Alat berat khusus bor itu dibiarkan menancap ke tanah karena sedang rusak. Menurut Asep, salah seorang petugas, proyek DDT di kawasan Matraman ini sedang off.

"Ini lagi enggak ada kegiatan, alatnya pada rusak," kata Asep saat ditemui VIVA.co.id di lokasi proyek DDT di kawasan Matraman Raya, Jumat, 9 Juni 2017.

PT Hutama Karya (HK) selaku kontraktor proyek tiang pancang Double-Double Track ini ditargetkan menyelesaikan seluruh pekerjaan struktur akhir tahun ini. Sedangkan untuk pekerjaan relnya sendiri akan dilanjutkan PT Wijaya Karya.

Pembangunan Proyek DDT Manggarai-Cikarang

Pekerja menyelesaikan proyek double-double track (DDT) Manggarai-Cikarang di kawasan Manggarai, Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Proyek ini merupakan bagian dari proyek pembangunan DDT Manggarai-Cikarang. Pembangunan jalur sepanjang 38 km tersebut dilakukan untuk memisahkan jalur utama kereta api jarak jauh dan jalur KA Commuter Line.

Proyek pembangunan DDT Manggarai-Cikarang terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama, Manggarai–Jatinegara. Bagian kedua, Jatinegara-Bekasi. Dan, bagian ketiga Bekasi-Cikarang. Pemerintah menargetkan pembangunan akan selesai seluruhnya pada 2019.

"Proyek ini merupakan solusi permasalahan antrean kereta api di Stasiun Manggarai," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title