Kampung Pelangi yang Mendunia

Kampung Pelangi di Semarang
Kampung Pelangi di Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Aktivitas pengajian di Masjid Nurul Hidayah, sore itu begitu khusuk. Masjid yang berada di perkampungan gang sempit itu dipenuhi para ibu-ibu. Lantunan ayat suci Alquran dan doa terdengar indah lewat pengeras suara sederhana. Suara itu melengkapi kegiatan warga yang lalu lalang di sekitar perkampungan Wonosari, kelurahan Randusari, Kota Semarang, Jawa Tengah.
 
Di sisi lain, beberapa pengunjung tengah asyik mengabadikan momen mereka di kampung tersebut. Salah satu di antaranya, adalah Liha (17 tahun) dan Anto (20 tahun). Keduanya, sengaja datang untuk sekadar berfoto selfie di kampung yang beberapa bulan terakhir sempat viral di media sosial. Kampung Pelangi namanya.

Sorot Kampung Warna Warni

Sejumlah wisatawan saat berwisata mengunjungi Kampung Pelangi Wonosari, Randusari, Semarang, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ya, magnet Kampung Pelangi diakui begitu menarik bagi dua sejoli yang belum lama berpacaran ini. Berbekal telepon genggam sederhana, keduanya asyik menelusuri sudut-sudut rumah warga yang dipoles dengan cat warna-warni. Tak hanya itu, rumah-rumah di tempat tersebut juga dihias dengan berbagai corak, sehingga menjadi lebih hidup dan indah dipandang.

Biasanya, rumah dihias dengan gambar wayang, pelangi, hewan, bunga, pemain bola, hingga gambar-gambar gaul yang Instagramable bagi kawula muda.

"Senang banget di Kampung Pelangi. Kita bisa hunting banyak spot foto dan gratis di tempat ini," ujar Liha kepada VIVA, Kamis 4 Januari 2018.

Liha sengaja memilih berkunjung ke Kampung Pelangi, saat hari aktif kerja. Sebab, pada akhir pekan, Kampung Pelangi ramai dikunjungi pengunjung. Dan, banyaknya orang-orang yang datang di akhir pekan, jutrsu membuat ia tidak leluasa untuk mengabadikan momen yang sesuai keinginan.