Target Tiap Tahun, Zero Accident

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi
Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA –  Setiap kali menjelang lebaran  pengawasan lalu lintas transportasi darat menjadi pekerjaan rumah paling berat buat Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Hubungan Darat. Tahun 2019, berdasarkan hasil survei tentang Potensi Pemudik Angkutan Lebaran 2019 yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretapian, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 18.290.398. Sebanyak 14.901.468 diantaranya adalah pemudik asal Jabodetabek. 

Pemudik menggunakan ragam transportasi dengan perkiraan paling tinggi adalah menggunakan bus, yaitu 30 persen, mobil pribadi 28,9 persen, kereta api 16,7 persen, pesawat 9,5 persen, dan motor 6,3 persen. Berdasarkan survei tersebut Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan  memiliki peran signifikan untuk mengatur kelancaran dan keselamatan nyawa belasan juta pemudik tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat saat ini Budi Setyadi mengaku sudah menyiapkan berbagai strategi untuk menekan angka kecelakaan di jalur darat selama terjadinya proses arus mudik. Ia mengatakan sudah bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, terutama kepolisian. Budi mengklaim angka kecelakaan pemudik mengalami penurunan dari tahun ke tahun, dan itu menjadi indikasi instansi yang ia pimpin terus bekerja demi keselamatan dan keamanan pemudik.

Pria yang dilantik sebagai Direktur Jenderal  Perhubungan Darat pada 3 November 2017 itu mengatakan sudah menyiapkan segala proses pengamanan mulai dari infrastruktur, manajemen, sarana dan prasarana hingga entitas menyangkut mudik. Kepada VIVA yang mewawancarainya pada 16 Mei 2019, Budi menceritakan apa saja yang dilakukannya sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat untuk memperlancar arus mudik, termasuk merencanakan pemberlakuan contraflow dan one way di jalur tol Cikampek. 

Apa saja yang dilakukan Budi dan jajarannya, simak wawancara khusus VIVA berikut ini:

Bagaimana kesiapan menghadapi arus mudik lebaran tahun ini?

Dirjen Hubungan Darat sebagai bagian dari Kementerian Perhubungan berposisi sebagai leader atau leading sector untuk kementerian atau lembaga terkait, yang memang ditunjuk oleh Bapak Presiden menjadi Koordinator untuk angkutan lebaran. Dan kemudian dari situ lah, Pak Menteri paling sering melakukan pengecekan secara langsung. Memang paling banyak dinamika, paling banyak manajemen menyangkut masalah penanganan mudik, ada di sektor perhubungan darat.