Mayday, Tank Kiriman Prancis Direbut Pasukan Rusia

VIVA Militer: Tank AMX-10RC buatan Prancis ditinggal tentara Ukraina
Sumber :
  • Telegram/MoD Russia

VIVA – Pasukan militer Rusia kembali menemukan gudang senjata kiriman negara-negara Barat di Republik Rakyat Donetsk (DPR), Senin 20 Juni 2023. Alhasil, sebuah tank buatan Prancis direbut tentara Rusia.

Panglima TNI Bertemu Komandan Perang Kawasan Indo Pasifik US Navy, Bahas Apa?

Sebuah video dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia, yang menunjukkan detik-detik sejumlah tentara Rusia menemukan tank AMX-10RC buatan Prancis.

Rekaman gambar berdurasi 55 detik itu juga memperlihatkan bagaimana awak tank yang merupakan personel militer Ukraina, meninggalkan kendaraan lapis baja tersebut.

Kejar Pembunuh Almarhum Rusli di Paniai, Satgas TNI Rebut Distrik Bibida dari Tangan OPM Papua

Di luar tank tampak sejumlah buku instruksi manual berceceran, dan diperiksa oleh para tentara Rusia. 

VIVA Militer: Tank AMX-10RC buatan Prancis ditinggal tentara Ukraina

Photo :
  • Telegram /MoD Russia
Lebanon Tembakkan Puluhan Rudal ke Israel, Sirene Peringatan Berbunyi

Tank kiriman negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) itu sengaja ditutupi dedaunan, dengan maksud kamuflase agar tidak terlihat jelas oleh unit militer Rusia.

Seorang tentara Rusia mendekati tank buatan perusahaan senjata pemerintah Prancis, Nexter Systems, sambil mengejek negara sekutu Amerika Serikat (AS) itu.

"Oh, Prancis, ini tankmu. Prancis adalah kekuatan katamu?" ucap tentara Rusia yang memeriksa tank AMX-10RC, dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi jika tak hanya AMX-10RC yang ditemukan. Tentara Rusia juga mendapati 50 unit peralatan militer Ukraina, yang berada dalam kondisi rusak.

VIVA Militer: Tank AMX-10RC buatan Prancis

Photo :
  • defence-blog.com

Sebagai informasi, AMX-10RC bisa dikategorikan sebagai kendaraan tempur yang berusia lebih dari 40 tahun. Diproduksi sejak 1981, tank ini dihibahkan Prancis kepada Ukraina sekitar 40 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya