Gawat, Amerika Siap Bangun Pangkalan Militer di Filipina

VIVA Militer: Pangkalan militer Amerika Serikat
Sumber :
  • thediplomat.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) dikabarkan akan segera membangun pangkalan militer di Filipina, dan berjarak kurang dari 124,3 mil (200 kilometer) dari Republik China (Taiwan).

Kelakuan Setan Tentara Israel Jadikan Bocah Palestina Tumbal Perang

Dilansir VIVA Militer dari Taiwan News, militer Amerika Serikat (AS) tengah terlibat pembicaraan mendalam dengan pemerintah Filipina, terkait pembangunan pangkalan militer.

Namun demikian dalam laporan lain yang dinukil VIVA Militer dari Reuters, rencana pembangunan bukan untuk pangkalan militer melainkan pelabuhan sipil.

Gerombolan Tank Israel Arahkan Moncong ke Rafah, Warga Gaza Kabur Ketakutan

Terlepas dari hal tersebut, adanya pangkalan militer atau pelabuhan sipil, akan tetap meningkatkan kehadiran pasukan militer Amerika Serikat di perairan strategis dekat Selat Taiwan.

VIVA Militer: Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat Pearl Harbor

Photo :
  • nypost.com
Bertemu Dubes China, Menko Airlangga Jajaki Kerja Sama Bidang Pengelolaan Nikel

Sebab rencananya, situs tersebut akan didirikan di Pulau Bosco, Kepulauan Batanes, Provinsi Batanes, sebelah selatan Selat Bashi. 

Perairan ini merupakan jalur vital bagi kapal-kapal yang melintas di sisi barat Samudera Pasifik dan Laut China Selatan.

Hal itu diungkap langsung oleh Gubernur Provinsi Batanes, Marilou Cayco, yang mengakui telah meminta investasi dari Amerika dalam hal pembangunan pelabuhan alternatif.

Jika pelabuhan itu berdiri nantinya, sejumlah kargo yang datang dari ibukota Manila akan tetap bisa dibongkar selama musim hujan.

VIVA Militer: Pasukan militer Amerika Serikat dan tentara Filipina

Photo :
  • asiatimes.com

Dengan adanya pelabuhan baru, kendala akses ke Kepulauan Batanes yang kerap terhambat akibat gelombang tinggi akan bisa diatasi. Menurut Cayco, keputusan pembangunan direncanakan akan diambil pada Oktober 2023 mendatang.

Dalam setahun terakhir, ribuan tentara Amerika Serikat keluar masuk Filipina secara rutin. Para prajurit kedua negara kerap terlibat dalam latihan bersama, sebagai bukti langkah meningkatkan pengaruh AS di kawasan Asia-Pasifik.

Peningkatan pengaruh di wilayah Asia-Pasifik tak lepas dari ketegangan yang melibatkan Amerika dengan China, yang terus memanas lebih dalam tiga tahun terakhir.

Saat ini, ribuan pasukan militer Amerika Serikat juga tengah menjalani Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023 dengan 2.800 lebih prajurit TNI di Pusat Latihan Tempur 5 Marinir di Baluran, Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya