Letkol TNI Benny Jadi Komandan Pasukan Rahasia Satuan 81 Kopassus

VIVA Militer: Penyerahan jabatan Komandan Sat 81 Kopassus
Sumber :
  • Penkopassus

VIVA – Ada kabar menggembirakan datang dari Markas Korps Baret Merah Tentara Nasional Indonesia. Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Mayor Jenderal TNI Mohammad Hasan baru saja memiliki pejabat baru.

Sosok Paspampres yang 'Lindungi' Jokowi di Konawe, Ternyata dari Korps Baret Merah

Tak tanggung-tanggung pejabat baru itu akan mengisi posisi jabatan sebagan Komandan Satuan 81 Kopassus. Siapakah prajurit TNI yang mendapatkan jabatan penting di Kopassus itu.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kopassus yang dilansir VIVA Militer, Jumat 6 November 2020, Danjen Kopassus, Mayjen TNI Mohammad Hasan mempercayakan tongkat komando Detasemen Penanggulangan Terorisme itu kepada Letnan Kolonel Infanteri Benny Rahadian.

Naluri Kapten Windra, Paspampres TNI Bertubuh Besar Penyergap Pria Cepak Penerobos Ring I Presiden

Selain Letkol Benny Rahadian, dalam kegiatan penyerahan jabatan dan Tradisi Perwira Khusus Kopassus itu, Danjen Kopassus juga melantik Letnan Kolonel Sunartiono untuk mengemban tugas sebagai Asisten Intelijen Kopassus.

"Saya atas nama pimpinan Kopassus dan pribadi mengucapkan selamat atas jabatan yang baru, dan harapan semoga dapat bekerja dengan baik sesuai dengan bidang tugasnya sebagaimana yang diharapkan satuan," kata Danjen Kopassus di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur.

Dipindah dari Kodim Pencetak Panglima TNI, Letkol Berdarah Kopassus Melesat Jadi Dandim Yogyakarta

Untuk diketahui, Sat 81 Kopassus merupakan satuan setingkat grup. Aktivitas satuan ini sangat rahasia. Satuan ini didirikan oleh Jenderal Luhut Binsar Pandjaitan pada 1982. Dia dia menjadi orang pertama yang menjabat Komandan di Sat 81 Kopassus.

Satuan ini memiliki tugas pokok penanggulangan teror, perang kota, intelijen dan kontra intelijen. Jumlah personelnya dirahasiakan.

Baca: Endriartono, Jenderal TNI yang Mundur dari Pertamina karena Gaji Besar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya