Pasukan Kolinlamil TNI AL Uji Kemampuan Bongkar Pasang Senjata

VIVA Militer: Prajurit Kolinlamil latihan bongkar pasang senjata
Sumber :
  • Pen.Kolinlamil TNI AL

VIVA – Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL hari ini menggelar latihan uji kemampuan pasukan dalam membongkar pasang senjata.

Arus Balik Lebaran, Ratusan Pemudik dan Sepeda Motor Tiba di Jakarta Naik Kapal Perang TNI AL

Latihan bongkar pasang senjata itu merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi para prajurit tempur TNI AL yang bertugas sebagai pengamanan lintas laut.

Komandan Detasemen Markas Kolinlamil (Dandenmako) Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar mengatakan, latihan bongkar pasang senjata adalah kegiatan rutin yang digelar untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, serta ketangkasan prajurit.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

"Latihan ini bertujuan agar prajurit memiliki kemampuan secara cepat, tepat dalam membongkar dan memasang komponen-komponen senjata," kata Kolonel Laut (P) Saekhul Anwar dalam keterangan resminya, Rabu, 25 November 2020.

Dalam menjalankan tugas operasinya, lanjut Dandenmako Kolinlamil, tidak menutup kemungkinan prajurit TNI yang bertugas menghadapi berbagai kendala dalam penggunaan senjata di lapangan.  

25 Hari Berlayar, Kapal Rumah Sakit TNI AL Pembawa Bantuan Korban Perang Gaza Akhirnya Tiba di Mesir

"Oleh karena itu prajurit harus cekatan dan terampil dalam menangani kendala senjata tersebut," ujarnya.

Sebelum melakukan kegiatan latihan bongkar pasang senjata, para prajurit Komando Lintas Laut Militer itu mendapatkan pemaparan materi tentang anatomi dan teknis pelanksanaan bongkar senjata dari Staf Operasi Detasemen Markas (Denma) Peltu SAA Haryoto.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi yang turut hadir dalam latihan tersebut mengatakan, latihan bongkar pasang senjata itu sejatinya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) bagi setiap prajurit TNI AL agar lebih unggul, profesional, dan tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman yang menantang.

“Prajurit Kolinlamil tidak hanya mahir menembak, namun mereka harus terampil saat melakukan bongkar pasangnya baik senjata laras panjang jenis SS-1 maupun senjata pistol jenis SIG Sauer dan FN” kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi.

Kendati demikian, lanjut Panglima Kolinlamil, kemampuan dalam bongkar pasang yang saat ini dimiliki oleh setiap prajurit TNI AL itu harus terus diasah agar tetap terjaga kemampuannya dan lebih mahir lagi.

"Karena selain meningkatkan kemampuan prajurit, latihan bongkar pasang senjata juga bermanfaat untuk membersihkan senjata dan mempersiapkan senjata mereka untuk bisa digunakan kapan pun," ujarnya.

Baca juga: Viral, Prajurit Marinir TNI AL Dikepung dan Diusir Warga di Banten

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya