Jokowi Takjub Saksikan Pesawat Sukhoi TNI Melintas Istana Negara

VIVA Militer: Pesawat tempur TNI melintas dengan formasi serang di Istana Negara
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Perayaan HUT TNI ke-76 Tahun 2021 di Istana Negara Republik Indonesia terlihat sangat megah. Usai memimpin Upacara, Presiden Joko Widodo bersama seluruh undangan menyaksikan atraksi atau parade udara 18 pesawat tempur dan 8 pesawat helikopter TNI yang menggelar atraksi di langit udara Jakarta.

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Hal yang Jadi Prioritas di Pemerintahannya

Ada moment yang sangat luar biasa dalam perayaan HUT TNI ke-76 tahun 2021 ini. Presiden Jokowi bersama seluruh undangan yang menyaksikan parade udara di sekitar Istana Negara terlihat sangat takjub ketika enam pesawat Sukhoi SU-27/30 "Bajra Flight" melintas di langit Istana Negara Republik Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo sontak menepukkan kedua tangannya setelah parade udara ditutup oleh enam pesawat tempur Sukhoi SU-27/30 "Bajra Flight" yang berasal dari Skadron Udara 14 dan 11 melaksanakan terbang formasi "Arrow Head" dan manuver "Bomb Burst" tepat di atas Istana Merdeka.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Tepuk tangan Jokowi itu kemudian diikuti oleh Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, serta seluruh undangan yang mengikuti upacara pagi ini.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pada pelaksanaan Upacara Peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021 yang dipusatkan di Istana Negara Republik Indonesia. TNI telah mempertontonkan kemampuan 18 pesawat tempur dan 8 helikopter TNI di hadapan Presiden RI Joko Widodo selaku Panglima Tertinggi Negara Republik Indonesia.

Aksi Serda Hari Prajurit Kopaska TNI AL yang Bikin Takjub 1.000 Atlet Mancanegara di Vietnam

Adapun pesawat tempur yang dikerahkan pada hari ini terdiri dari, Delapan pesawat helikopter TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara dengan call sign "Trimatra flight" terbang melintasi langit Jakarta membawa bendera Merah-Putih dan bendera Lambang TNI tiga matra yang berukuran 20x30 Meter.

Kedelapan pesawat helikopter ini dibagi dalam dua elemen penerbangan. Elemen pertama 4 helikopter terdiri dari 1 Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja yang membawa bendera Merah Putih dan 3 Helikopter AH-64 E Apache Skadron-11/Serbu TNI Angkatan Darat. 

Sementara elemen kedua, 4 helikopter terdiri dari 1 Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dengan membawa bendera Trimatra TNI dan 3 Helikopter AS565 MBe Panther Skadron Udara 400 Wing II, TNI Angkatan Laut.

Kemudian dilanjutkan dengan parade 18 pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang terdiri dari 6 pesawat tempur T-50i Golden Eagle "Golden Flight" yang berasal dari Skadron Udara 15, 6 pesawat F-16 Fighting Falcon "Dragon Flight" dari Skadron Udara 3 dan 6 pesawat tempur SU-27/30 "Bajra Flight" dari Skadron Udara 14 dan 11 melaksanakan terbang formasi "Arrow Head" dan manuver "Bomb Burst" tepat di atas Istana Merdeka.

Usai menyaksikan atraksi udara, Presiden Jokowi bersama tamu undangan pun kemudian meninjau sejumlah Alutsista lainnya yang dipamerkan di depan Istana Negara Republik Indonesia.

Pantauan VIVA Militer, sejumlah pejabat pemerintah terlihat hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Menkopolhukam RI Mahfud MD, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala  Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya