Letjen Dudung Lepas Ribuan Prajurit Raider Kostrad ke Zona Perang

VIVA Militer: Letjen TNI Dudung Abdurachman lepas pasukan Brigif Raider 13/Galuh
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman melepas keberangkatan ribuan prajurit TNI dari Brigade Infanteri Raider 13/Galuh (Brigif Raider 13/Galuh) di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu 3 November 2021.

Truk TNI Melintas di Jalur CFD Jakarta, Kapendam Jaya Minta Maaf

Sebanyak 2.907 prajurit Raider TNI tersebut akan berangkat menuju Pusat Latihan Tempur Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Puslatpur) Baturaja, Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel), untuk mengukuti Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha Tahun Anggaran 2021 (Latancab Kartika Yudha TA 2021).

Dalam kesempatan itu, Pangkostrad memberikan arahan bahwa dalam pelaksanaan Latancab Kartika Yudha TA 2021 diperlukan pengendalian yang ketat. Sebab dalam latihan puncak TNI Angkatan Darat ini, tidak hanya melibatkan unsur kecabangan infanteri saja. Melainkan dari unsur kecabangan lain.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Oleh sebab itu, disamping memberangkatkan ribuan personel, sederet alat utama sistem persenjataan (alutsista) berteknologi canggih juga ikut dikerahkan.

Latancab Kartika Yudha TA 2021 bakal jadi media para prajurit menunjukkan kemampuan tempurnya. Dari latihan ini juga bisa dilihat sejauh mana efektivitas pembinaan latihan satuan, untuk menghasilkan kesiapan operasional untuk latihan dengan lingkup lebih besar maupun dalam tugas operasi.

Ribuan Bobotoh Bakar Semangat Persib Bandung Jelang Lawan Bali United

VIVA Militer: Prajurit TNI Angkatan Darat dari Brigif Raider 13/Galuh

Photo :
  • Penkostrad

"Karena dengan berlatih secara benar dengan porsi latihan yang memadai, maka resiko terjadi korban pertempuran yang sia-sia, dapat dihindari. Hal ini sejalan dengan motto latihan kita yaitu, 'Lebih Baik Mandi Keringat dalam Latihan, Dari pada Mandi Darah Dalam Pertempuran'," tegas Letjen TNI Dudung Abdurachman, dikutip VIVA Militer dari rilis resmi Penerangan Kostrad (Penkostrad).

Latancab Kartika Yudha TA 2021 akan memadukan semua kesenjataan dan kecabangan. Bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknik, taktik dalam manuver lapangan pada operasi serangan tingkat Brigade.

Selain Satuan Tempur, unsur-unsur Bantuan Tempur (Banpur) dan Bantuan Administrasi serta operasi pertahanan dan serangan oleh satuan setingkat Batalyon akan mendukung operasi serangan brigade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya