Pasukan Rajawali TNI Jaga Papua, Misi Satgas Awang Long Usai

VIVA Militer: Danrem 174/ATW pimpin cek Satgas Pamtas Yonif 123/Rajawali
Sumber :
  • Instagram/@yonif123rajawali

VIVA – Setelah 10 bulan menjalankan misi pengamanan di Papua, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri Mekanis 611/Awang Long (Satgas Pamtas Yonif Mekanis 611/AL) purna tugas. Posisinya akan diganti pasukan Yonif 123/Rajawali.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/Bukit Barisan), Brigjen TNI Bangun Nawoko selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Sektor Selatan Papua, memimpin Upacara Serah Terima Komando dan Kendali (Kodal) Opeasi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 611/Awang Long kepada Yonif 123/Rajawali.

Upacara Serah Terima Kodal Operasi digelar di Markas Komando Resor Militer 174/Anim Tim Waninggap (Korem 174/ATW), Merauke, Papua, Rabu 3 November 2021.

Bentrok Lawan Pasukan Rajawali Hantu Laut Marinir TNI, OPM Babak Belur Tewas Bersimbah Darah

Dalam amanatnya, Brigjen TNI Bangun Nawoko yang juga menjabat Komandan Korem (Danrem) 174/Anim Ti Waninggap, menyatakan rasa bangganya kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 611/Awang Long.

Danrem 174/ATW juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 611/Awang Long, yang telah melaksanakan tugas dengan baik di Papua.

Ratusan Prajurit Kopasgat TNI AU Dipersiapkan Operasi ke Papua

VIVA Militer: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali

Photo :
  • Instagram/@yonif123rajawali

"Terima kasih dan saya bangga kepada kalian yang telah melaksanakan tugas dengan baik di tanah Papua, memberi cinta kepada rakyat Papua. Sselamat jalan, salam kepada keluarga kalian di homebase," ujar Danrem 174/Anim Ti Waninggap.

Selain itu, Brigjen TNI Bangun Nawoko juga memberikan sambutan kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali yang akan meneruskan tugas Yonif Mekanis 611/Awang Long. Ditegaskan Danrem 174/ATW, Pasukan Rajawali TNI harus mampu meneruskan pengabdian penduhulunya.

Amanat utama yang disampaikan Brigjen TNI Bangun Nawoko kepada para anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawalli adalah berani. Keberanian adalah kunci keberhasilan menjalankan tugas operasi pengamanan di Papua.

"Berani mencintai rakyat Papua, berani melindungi, membantu rakyat Papua, serta Berani menjaga harkat dan martabat rakyat Papua," tegas Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Selain menyerahkan Kodal Operasi dari Yonif Mekanis 611/Awang Long kepada Yonif 123/Rajawali, Brigjen TNI Bangun Nawoko juga memimpun Upacara Serah Terima Kodal Operasi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti kepada Yonif 410/Alugoro di hari yang sama.

VIVA Militer: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali

Photo :
  • Instagram/@yonif611awl

Sebagai informasi, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 611/Awang Long dikerahkan ke Papua pada Januari 2021. Pasukan ini merupakan Satuan Tempur yang berada di bawah kendali Korem 091/Aji Surya Natakesuma (Korem 091/ASN), Kodam VI/Mulawarman.

Sementara itu, pasukan Yonif 123/Rajawali juga merupakan Satuan Tempur Infanteri yang berada di bawah kendali Korem 023/Kawal Samudera (Korem 023/KS), Kodam 1/Bukit Barisan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya