Prajurit Satgas Pamtas TNI AD Berhasil Selamatkan 2 Bocah Hanyut di Sungai Papua

VIVA Militer: Prajurit TNI AD berhasil selamatkan 2 bocah hanyut di Sungai Papua
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Brigif 22/OM yang bertugas di Pos Wambes Papua berhasil menyelamatkan dua orang anak bernama Domingkus (10 th) dan Junior (9 th) yang tenggelam terbawa arus sungai di Kampung Wambes, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, pada Senin, 10 Oktober 2022 kemarin.

Aksi Serda Hari Prajurit Kopaska TNI AL yang Bikin Takjub 1.000 Atlet Mancanegara di Vietnam

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir mengatakan, aksi penyelamatan kedua anak tersebut dilakukan setelah jajarannya mendapatkan laporan dari seorang warga bernama Piter kepada Danpos Wambes Letda Inf Eka Yudha Siregar yang saat itu sedang melaksanakan anjangsana dan Komsos di Kampung Wambes.

“Dari laporan itu, Danpos bersama 10 anggotanya langsung menuju sungai untuk menyelamatkan dan mengevakuasi kedua anak tersebut. Bersyukur, kedua korban dapat diselamatkan,” kata Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Selasa, 11 Oktober 2022.

TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

Sementara itu, Danpos Letda Inf Eka Yudha Siregar menjelaskan bahwa dirinya bersama anggota pos Wambes langsung menyusuri sungai untuk mencari kedua anak yang dilaporkan bapak Piter yang melihat dua orang anak itu terjatuh kemudian terbawa arus sungai. 

''Setelah menyusuri sungai, akhirnya kita berhasil menemukan korban tersangkut di dahan pohon pinggir sungai yang cukup deras. Tanpa berpikir panjang saya dengan anggota Pratu Julian melompat ke sungai untuk mengevakuasi korban yang sudah tidak sadarkan diri,” kata Danpos Letda Inf Eka.

Hussain Mekky, Komandan Hizbullah Tewas Dibom Jet Tempur Israel

Dengan tetap memperhatikan faktor keamanan, akhirnya Domingkus dan Junior yang merupakan kakak beradik itu berhasil diangkat ke pinggir sungai kemudian dilakukan tindakan pertolongan pertama oleh personel Satgas Pamtas Yonif 711/Rks.

''Karena kondisinya tidak sadarkan diri, sehingga kedua anak tersebut diberikan nafas buatan. Setelah siuman (sadar) meski masih dalam kondisi lemas, selanjutnya kita bawa pulang kerumah orang tuanya,” katanya.

Setiba di rumah orang tuanya yaitu rumah Ibu Martina (54), Domingkus dan Junior diperiksa kesehatannya oleh Pratu Julian, kemudian diberikan makan dan minum serta vitamin, agar kondisi kesehatan Domingkus dan Junior bisa segera pulih kembali. 

Selaku orangtua dari kedua anak tersebut, Martina mengaku senang dan bahagia serta mengucapkan terima kasih kepada Personel Pos Pamtas Wambes Yonif 711/Rks.

''Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI yang bertungas di Pos Wambes. Entah apa jadinya jika tidak ada bapak TNI yang cepat mencari dan menemukan anak kami yang terseret arus sungai. Semoga Tuhan senantiasa memberkati mereka dan melindungi mereka yang bertugas di Desa Wambes ini,” kata Martina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya