Dari Belantara Papua Mayor TNI Putra Jenderal Naga Bonar Lulus Jadi Doktor, IPKnya Luar Biasa

VIVA Militer: Wadan Yonif 132/BS, Mayor Inf Zulfikar RD
Sumber :
  • Mayor Inf Zulfikar RD

VIVA – Halooooo... Ada kabar baik untuk keluarga besar Tentara Nasional Indonesia. Salah satu perwira menengah TNI Angkatan Darat, berpangkat Mayor baru saja berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

HP China Standar Militer Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Mau tahu siapa kah sang perwira menengah TNI itu?

Dia adalah Mayor Inf Zulfikar Rakita Dewa. Wakil Komandan Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Yonif) 132/Bima Sakti, Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan.

Laporan Intelijen AS: Israel Hanya Tumbangkan 35 Persen Anggota Hamas Selama Perang

Berdasarkan informasi yang didapatkan VIVA Militer, Mayor Inf Zulfikar resmi menyandang gelar Doktor setelah menyelesaikan sidang promosi Doktor, Senin 12 Juni 2023 yang dipimpin Ketuga Sidang Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata.

VIVA Militer: Wadan Yonif 132/BS, Mayor Inf Zulfikar RD

Photo :
  • Mayor Inf Zulfikar RD
Kunjungi Makorem 162/WB, Panglima TNI Perintahkan Anak Buah Dampingi Petani

Lulusan Akademi Militer 2009 ini meraih gelar Doktor di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad dalam program studi Ilmu Administrasi Peminatan Ilmu Pemerintahan. Dengan judul disertasi Tata Kelola Pemerintahan Dinamis Provinsi Jawa Barat Pasca Pemilihan Presiden 2019 dalam Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat Jawa Barat.

'Disertasi yang diujikan menurut Zulfikar Rakita Dewa, Pemilu 2019 merupakan Pemilu yang diselenggarakan untuk pertama kali nya memilih Presiden dan Wapres serta anggota Dewan Rakyat secara serentak. Beberapa kalangan menilai, Pemilu ini adalah yang paling kompleks dan berat hingga memakan banyak korban jiwa serta melahirkan polarisasi politik di tingkat masyarakat sehingga terjadi tindak kekerasan dan intimidasi di kalangan masyarakat,' tulis PPS FISIP Unpad dalam keterangan resminya.

VIVA Militer: Wadan Yonif 132/BS, Mayor Inf Zulfikar RD

Photo :
  • Mayor Inf Zulfikar RD

Dan yang luar biasanya, alumni SMA Taruna Nusantara, Magelang itu Mayor Inf Zulfikar meraih gelar Doktor dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang sempurna. Ia dinyatakan lulus dengan pujian alias Cumlaude.

"Alhamdulillah telah lulus sidang promosi doktor dengan yudisium Cumlaude (IPK 4.0). Terima kasih atas doa dan dukungan nya. Salam hormat, Mayor Inf Dr. Zulfikar Rakita Dewa," kata Mayor Inf Zulfikar dalam pesan kepada VIVA Militer.

Raih Gelar Doktor dari Belantara Papua

VIVA Militer: Satgas Yonif 132/Bima Sakti tangkap tokoh OPM.

Photo :
  • Yonif 132/Bima Sakti

Yang menarik dari raihan sempurna Mayor Inf Zulfikar ialah, ia meraih gelar Doktor dengan IPK 4.0 dari Belantara Papua. Kok bisa?.

Jadi yang harus diketahui, saat ini Mayor Inf Zulfikar sedang berada di Papua untuk melaksanakan operasi sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini. Ia tergabung dalam Satgas Yonif 132/Bima Sakti.

VIVA Militer: Wadan Yonif 132/BS, Mayor Inf Zulfikar RD

Photo :
  • Mayor Inf Zulfikar RD

Mayor Inf Zulfikar melaksanakan sidang promosi Doktor yang dilangsungkan pada pukul 09:00 WIB tadi pagi, melalui sambungan komunikasi jarak jauh alias daring via aplikasi Zoom dengan penguji.

Dan hebatnya, ia lulus dan menyandang gelar Doktor hanya beberapa hari setelah Yonif 132/BS menangkap salah satu gembong OPM, Yuzak Pakage.

Putra Jenderal Naga Bonar

VIVA Militer: Ayah dan ibu Wadan Yonif 132/BS, Mayor Inf Zulfikar RD

Photo :
  • Deddy Mizwar

Mungkin tak banyak yang tahu, Mayor Inf Zulfikar ini merupakan anak kedua dari aktor kondang Indonesia, yang memerankan sosok Jenderal Naga Bonar dalam Film Naga Bonar, yakni Deddy Mizwar.

Mayor Inf Zulfikar lahir pada 21 Juli 1988, kini ia telah dikarunia dua anak dari pasangannya Nyonya Nurrahmi Effendy.

Dan yang menakjubkan lagi, raihan Cumlaude pada sidang Doktor ini ternyata bukan yang pertama didapatkanya. Sebab Mayor Inf Zulfikar juga berhasil menamatkan pendidikan S2 dengan Cumlaude. Yaitu lulus dengan Cumlaude Magister Ilmu Pemerintah Unpad 2019, lulus dengan Cumlaude Magister Hukum Universitas Krisnadwipayana 2021, dan lulus dengan Cumlaude Magister Manajemen STIE Ganesha 2021.

Baca: Keributan Pecah, Pasukan Bima Sakti TNI Tangkap Gembong OPM Pengkhianat Bangsa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya