Cegah Konflik Sosial di Papua, Kolonel Totok Tembus Sorong Selatan

VIVA Militer: Kolonel Inf Totok Sutriono di Koramil 01 Timinabuhan Sorong Sltn
Sumber :
  • Dispenad

Papua – TNI Angkatan Darat kembali menggencarkan program Dialog Interaktif untuk mencegah terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat. Kali ini, program andalan Mabesad itu mensasar ke Sorong Selatan, Papua Barat.

Nekat Terobos Masuk Kompleks Militer Halim, Geng Motor Bersajam Ditangkap Prajurit TNI

Dalam dialog interaktif yang digelar di Aula Koramil 01 Timinabuhan Kodim 1807/Sorong selatan, Mabesad mengutus Staf Intelijen Angkatan Darat yang diwakili oleh Kolonel Inf Totok Sutriono yang saat ini menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad.

Kolonel Inf Totok Sutriono bukanlah orang sembarangan di lingkungan TNI AD. Selain merupakan Pamen Denma Mabesad, dia adalah salah satu Perwira Menengah TNI AD yang baru saja lulus dari PPRA LXIII TA.2022 Lemhanas RI. 

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Di hadapan ratusan peserta Dialog Interaktif yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa lintas univesitas/Perguruan Tinggi, serta organisasi kepemudaan di Sorong Selatan, Kolonel Inf Totok menegaskan bahwa untuk menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Papua diperlukan peran serta seluruh elemen bangsa, termasuk pemerintah daerah. 

Menurut Totok, kunci dari perdamaian di Papua, khususnya di Sorong Selatan adalah komunikasi lintas elemen, serta komitmen kuat untuk bersama-sama membangun Papua di masa mendatang.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Tidak hanya itu, Kolonel Inf Totok juga mengingatkan bahwa saat ini masyarakat dihadapkan dengan perkembangan dunia informasi yang sangat terbuka, seperti media sosial (Medsos). Dengan demikian, dia berpesan kepada seluruh masyarakat Papua, khususnya para pemuda agar bijak dalam menggunakan medsos.

"Melalui kegiatan ini, kita juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang baik secara integral antara TNI AD, Pemerintah Daerah  dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Sorong Selatan, terutama dalam mencegah terprovokasinya masyarakat akibat berita hoaks dan propaganda yang bertujuan untuk menciptakan disintegrasi bangsa," kata Kolonel Inf Totok Sutriono dalam keterangan resminya, Rabu, 26 Juli 2023.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli yang turut hadir menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif yang mengusung tema "Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial" itu menilai bahwa kegiatan ini sangat penting di Era Globalisasi Informasi dan Teknologi saat ini karena perkembangan situasi dan kondisi saat ini sangat rentang dengan isu-isu negatif yang berupaya untuk memecah belah bangsa. 

"Dengan adanya kegiatan Binkom tersebut diharapkan mampu mengingatkan kembali seluruh komponen bangsa agar bahu membahu dalam menjaga stabilitas keamanan di daerahnya masing-masing. Dengan demikian maka diharapkan dapat mencegah dan meredam segala potensi konflik sosial yang akan terjadi di Kab.Sorong Selatan Papua Barat ini," katanya.

Bupati Sorong Selatan juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman atas diselenggarakannya program tersebut. Dia berharap, ke depan program Pembinaan Komunikasi tetap dipertahankan dan ditingkatkan untuk mendekatkan diri TNI AD dengan masyarakat. 

"Dengan harapan TNI AD selalu di hati rakyat dan tetap solid dalam bingkai NKRI tercinta, sampai titik darah penghabisan guna untuk mewujudkan Ketahanan Nasional yang tangguh," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya