Puluhan Rantis Kopasgat, hingga Simulator Jet Tempur F-16 TNI AU Mejeng di Monas

VIVA Militer: Alutsista Kopasgat TNI AU Mejeng di Silang Monas
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada tanggal 5 Oktober 2023 nanti akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78. Untuk memeriahkan HUT tersebut, TNI tiga matra memamerkan ratusan Alutsista andalannya di Lapangan Silang Monas  yang digunakan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Kegiatan yang dikemas dalam TNI Fair 2023, secara resmi dibuka Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, pada hari Minggu, 24 September 2023 kemarin. Adapun kegiatan pameran alutsista sendiri digelar mulai tanggal 24 - 27 September 2023 mendatang.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), Senin, 25 September 2023, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo juga telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk mengerahkan sejumlah alutsista andalan milik satuan Matra udara.

TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

"Stand TNI AU yang menempati belasan tenda, memamerkan sejumlah kendaraan Taktis (Rantis) Kopasgat,  aneka miniatur pesawat Skadron Udara, aneka pesawat Ordirga FASI,  Dapur Lapangan, sejarah perkembangan TNI AU dan sejumlah informasi perkembangan TNI AU terkini lainnya," kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati.

Selain itu, lanjut Kadispenau, dalam HUT TNI tahun ini, TNI AU juga memamerkan replika simulator F-16 yang dapat dinikmati oleh para pecinta dirgantara Indonesia. Untuk diketahui, simulator F-16 adalah salah satu fasilitas pendukung yang digunakan untuk latihan oleh para penerbang-penerbang pesawat tempur F-16 TNI Angkatan Udara.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

VIVA Militer: Simulator F-16 TNI AU ikut dipamerkan di Silang Monas

Photo :
  • Dispenau

"Melalui alat ini,  pengunjung disuguhkan sensasi menerbangkan pesawat tempur dalam gambar visual di layar," ujarnya.

Selain itu, lanjut Kadispenau, TNI AU juga memamerkan kendaraan taktis dan juga Skyshield Oerlikon milik Kopasgat yang merupakan senjata pertahanan udara,  dan  jarang diketahui masyarakat. 

Selain itu, tambah Marsma TNI Agung, pihaknya juga memamerkan peralatan khusus olahraga dirgantara yg digunakan pembinaan melalui Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang dipimpin oleh Kasau dengan Aspotdirga Kasau sebagai wakil dibantu seluruh jajaran TNI AU khususnya oleh pangkalan udara dan satuan radar sebagai FASI Daerah diseluruh Indonesia. 

FASI mengendalikan dan membina klub-klub berbagai disiplin ordirga seperti terjun payung, terbang layang, aeromodelling, gantole, paralayang, UAV (Drone), paramotor, general aviation, eksperimental & swayasa, microlight, ultralight dan balooning untuk kegiatan rekreasi hobby, prestasi dan edukasi. 

"Melalui event TNI AU Fair 2023 ini, TNI AU berharap makin dekat dengan masyarakat dan sekaligus mengenalkan dunia kedirgantaraan kepada masyarakat," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya